Herman Deru Dorong Pembangunan Politeknik Energi Pertambangan di Prabumulih

Usulan Walikota Prabumulih Ridlo Yahya untuk mendirikan Politeknik Energi Pertambangan mendapat dukungan dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, hal ini disampaikan dalam Focus Grup Discussion (FGD) Pendidikan Vokasi Sektor ESDM di Gedung Patra Ria PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Kamis (7/2/2019).

Bertemakan Strategi Penyiapan SDM yang Kompeten dalam Rangka Mendukung Swasembada Energi dan Sumber Daya Mineral di Sumatera Selatan ini dihadiri oleh wakil gubernur, wakil walikota, kepala sekolah dan perwakilan guru SMK se-Kota Prabumulih, unsur pemimpin daerah, Pejabat Pertamina, Pejabat Penprov, Direktur PEM Akamiga Cepu Prof Dr. R. Y. Perri Burhan, M.Sc Waka Polres Prabumulih, GM PT Pertamina beserta unsur muspida.

Prabumulih yang merupakan kota kaya akan kandungan mineral dan gas, harus menyiapkan SDM yang dapat mengelola sebaik mungkin potensi yang ada, oleh sebab itu Wali Kota Prabumulih menyampaikan "kita butuh Akamigas ini, kita banyak sumber dayanya tapi pekerjanya masuk dari wilayah luar"

Pemerintah Pusat melalui BPSDM Kementerian ESDM telah merencanakan pendirian Politeknik Energi Pertambangan yang akan didirikan dibeberapa kota salah satunya di Sumatera Selatan

" Tugas kita bersama bagaimana membangun seluruh Indonesia artinya penyediaan energi, energi alternatif, tenaga kerja, kesejahteraan masyarakat harus merata inilah tantangan kita bersama"ujar Wiratmaja Kepala BPSDM ESDM

Namun sebelumnya harus dilakukan beberapa pendataan yang akurat, jika hasilnya baik, maka tahun depan bisa menerima mahasiswa baru.

Prabumulih telah menjadi kota percontohan penggunaan jaringan gas pertama di Indonesia dan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui potensi energi dan mineralnya.

"Salah satu cara menekan angka kemiskinan adalah pendidikan, jadi harusnya Akamigas berdiri di Prabumulih. Sejalan dengan visi misi pembangunan Sumatera Selatan yaitu membangun rata dan keadilan, inilah kita mulai langkah keadilan itu agar Akamigas berdiri di Prabumulih, agar Prabumulih ini tidak hanya terkenal sebagai kota perdagangan tapi juga kota pendidikan. Butuh komitmen dari DPRD, Walikota, kepala sekolah, camat" pungkas Deru. (ds)


Copy Right © 2019 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center