Digitalisasi untuk Efisiensi Ketenagalistrikan

Pada era digital sekarang ini, sektor ketenagalistrikan dituntut untuk ikut berbenah. Konsumen listrik akan semakin cerdas untuk memanfaatkan listriknya se-efisien mungkin. Untuk itu pemerintah dengan dukungan dunia pendidikan seperti Universitas berkomitmen mengantisipasi perkembangan digitalisasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng saat menyampaikan keynote speech pada Seminar Nasional Keluarga Alumni Ketenagalistrikan dan Elektro Universitas Indonesia (Kagatrik UI), Kamis (8/2), di Kampus Fakultas Teknik UI Depok. Acara ini dihadiri perwakilan mahasiswa tidak hanya dari UI saja, namun juga beberapa universitas lain seperti UGM, ITB, UNDIP dan beberapa universitas lainnya.

Menurut Andy, tema yang diangkat panitia yaitu Menyongsong Era Digitalisasi Ketenagalistrikan: untuk Mewujudkan Penyediaan Tenaga Listrik yang Efisien, Berkadilan, dan Berkelanjutan disebut sangat relevan dengan kebijakan pemerintah. Hadir dalam seminar tersebut, Dekan Fakultas Teknik UI dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Abumanan.

Menurut Andy dunia digital memiliki tiga elemen dasar yaitu data dan informasi digital, analisis digital, dan konektivitas. Saat ini PT PLN telah menyikapi perkembangan tersebut dengan membangun pilot project di Bali bernama LoRa yang memungkinkan konsumen listrik dapat memantau kondisi meteran listrik tanpa perlu ke lokasi. "Kemarin saya mengunjungi pilot Project di Bali, (proyek ini) sangat bermanfaat bagi pelanggan PLN," ungkap Andy.

Kedepan, menurut Andy transformasi teknologi ketenagalistrikan termasuk digitalisasi akan berkembang dengan sangat cepat. "Untuk itu kita semua harus dapat mempersiapkan diri dengan baik sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing, agar penerapan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran negara dan rakyat kita," tutup Andy. (PSJ)

Copy Right © 2018 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi