Pentingnya Inovasi untuk Mewujudkan Indonesia Berkelanjutan

Thursday, 22 June 2023 - Dibaca 486 kali


Komitmen Indonesia mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 menjadi kewajiban seluruh pihak untuk berkolaborasi secara integratif dan inklusif. Kerja sama lintas institusi dan partisipasi generasi muda menjadi hal penting dalam mewujudkan target tersebut. Guna mendukung agenda Pemerintah, Shell mengadakan kegiatan Think Efficiency (TE) untuk meningkatkan inovasi, khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Pemerintah, akademisi, badan usaha, dan inovator pemenang Think Efficiency tahun sebelumnya turut hadir dalam program TE Talks chapter Jakarta di Universitas Indonesia pada 19 Juni 2023. Yudhan Whulanza, pengajar yang menjadi salah satu pembicara, menekankan inovasi dapat dimulai dari ruang lingkup belajar, misalnya interaksi antara pengajar dan mahasiswa untuk memiliki pola pikir kebaharuan, terutama di sektor energi.

Inovasi di sektor energi seyogyanya sejalan dengan roadmap pemerintah Indonesia 2060 untuk mencapai target NZE. Roadmap tersebut menyampaikan target dan aktivitas secara detail yang perlu dilakukan- dari tahun ke tahun.. Pemerintah juga terbuka terhadap inovasi-inovasi yang ada. Hal yang menarik adalah bagaimana peran digitalisasi dalam kegiatan operasional saat implementasi strategi yang diterapkan.

Koordinator Implementasi Pengembangan Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gatot Tri Widodo mengatakan, "Digital monitoring dari produksi dan konsumsi energi merupakan salah satu bukti pentingnya digitalisasi dalam sektor energi, dengan data yang real-time dan lebih akurat. Ruang inovasi di sector yang lebih aplikatif untuk masyarakat menjadi hal yang menarik untuk ditekuni oleh mahasiswa yang nantinya akan mengikuti kompetisi Think Efficiency ini."

GM Technical Shell Indonesia, Shofwatuzzaki mengatakan, "Shell turut serta mendukung era transisi ke penggunaan energi yang lebih bersih melalui berbagai inisiatif. Hal ini sejalan dengan strategi Powering Progress yang dicanangkan oleh Shell secara global untuk mempercepat transisi bisnis menuju perusahaan energi dengan Net Zero Emission di tahun 2050. Selain itu, Shell turut serta mendorong inovasi energi di kalangan generasi muda melalui program Think Efficiency."Shell Indonesia. Zaki, sapaan sehari-harinya, turut memberikan opsi ide-ide yang dapat ditekuni oleh para peserta lomba namun yang terpenting adalah kaitannya dengan penurunan jejak karbon, peningkatan performa dan aspek finansial yang kompetitif.

"Dengan inovasi, saya jadi semakin penasaran dengan masalah-masalah di lapangan," ujar Dianggit Sinewaka, Runner Up Think Efficiency 2022. Alumni Politeknik Negeri Jakarta ini bercerita mengenai pengalamannya membawakan inovasi pada pemanfaatan karbon dioksida menjadi soda ash dalam kontribusi pengurangan karbon dioksida untuk pencapaian SDGs. Dianggit menekankan mengenai pentingnya kolaborasi dengan beragam pihak, baik itu sesama mahasiswa, dosen, pemerintah, dan perusahaan untuk bisa mewujudkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Forum-forum lintas institusi ini menjadi hal menarik yang dapat direplikasi diberbagai daerah dan kampus di Indonesia. Karena, pemerintah lebih mudah memperkaya aspirasi-aspirasi yang ada dan diciptakan oleh berbagai macam institusi khususnya generasi muda yang memiliki karya-karya inovatif di sektor energi.

Think Efficiency merupakan kompetisi dan platform inovasi tahunan yang diselenggarakan oleh Shell Indonesia untuk mendorong terciptanya inovasi yang berkelanjutan. Pada tahun ini, Think Efficiency 2023 berfokus pada tiga subtema, yaitu energi, tribologi, dan digitalisasi. Kegiatan bertujuan untuk mendorong ide-ide dan solusi inovatif, perubahan positif, dan kontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan.

TE Talks 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Think Efficiency dari Shell Indonesia untuk mengajak mahasiswa Indonesia dalam berinovasi. Selain di Universitas Indonesia (UI), kegiatan TE Talks 2023 dilangsungkan di Universitas Gajah Mada (UGM) pada 22 Juni 2023 dan Insititut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 23 Juni 2023.

Pendaftaran kompetisi Think Efficiency 2023 telah dibuka pada 17 Juni 2023 sampai 24 Juli 2023. Selain lomba inovasi, rangkaian kegiatan Think Efficiency 2023 terdiri dari TE Talks, podcast, pencarian TE ambassador, dan kegiatan seminar pada Shell Eco-marathon di Sirkuit Internasional Mandalika pada 6 Juli 2023.