Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan informasi.
Untuk semakin memudahkan masyarakat
mendapatkan informasi terkait sektor ESDM, Pada hari Rabu 15 Agustus 2018, Kementerian
ESDM meluncurkan layanan Contact Center ESDM 136 yang dapat diakses melalui
ponsel ataupun telepon rumah dengan cukup menekan 136.
Contact Center ESDM 136 ini dibentuk untuk
memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM, baik berupa
pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor
ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
Contact Center ESDM 136 merupakan tindak
lanjut arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang meminta
semua unit kerja Pemerintah, mempunyai semangat untuk melayani masyarakat.
Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan
fungsi contact center PLN123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama
ini. Ini justru akan memperkuat keberadaan contact
center tersebut. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG
tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut.
Contact Center ESDM 136 ini akan membantu
penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan
informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun
informasi terkait dengan bencana geologi.
Biaya yang dikenakan pada masyarakat jika
menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang
menelpon diluar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun
biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM.
Pembiayaan lokal perlu dibebankan untuk menghindari telepon "iseng"
atau "prank call" yang
dapat mengganggu kinerja Contact Center ESDM 136.
Contact Center ESDM 136 ini akan melayani
pertanyaan, keluhan dan permintaan informasi masyarakat sejak pukul 07:00
hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat, sedangkan untuk hari
Sabtu dan Minggu akan diaktifkan fitur Interactive
Voice Respond (IVR).
Layanan Contact Center ESDM 136 saat ini
mempunyai total 7 agen costumer service
officer (CSO), 2 team leader
(TL), dan 1 quality assurance (QA).
Layanan ini juga mempunyai agen-agen perwakilan dari seluruh unit-unit teknis yang
ada di lingkungan Kementerian ESDM.