Kementerian ESDM Luncurkan Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 3

Jakarta, Dalam ajang Penghargaan Keselamatan Migas Tahun 2020, Selasa (3/11), Kementerian ESDM cq. Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi meluncurkan Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 3 Tahun 2020.

Buku ini memuat berbagai informasi berkaitan dengan keselamatan migas serta lesson learn atas kejadian-kejadian kecelakaan migas di Indonesia.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Adhi Wibowo mengatakan, buku yang disusun Ditjen Migas dan Tim Independen Pengendalian Keselamatan Migas (TIPKM) tersebut merupakan suatu refleksi bahwa kecelakaan itu seperti mengintai kapan saja. Untuk itu yang diperlukan adalah pembenahan, peningkatan, serta kesiagaan dalam melaksanakan tanggung jawab keselamatan migas.

"Dari sisi kami selaku instansi Pemerintah akan terus berupaya melaksanakan program-program pembinaan dan pengawasan yang efektif dan tentunya mendukung segala upaya perusahaan menuju zero accident dan zero unplanned shutdown karena pada dasarnya kita ada di perahu yang sama. We are in the same boat," tegas Adhi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menambahkan, melalui kegiatan penghargaan keselamatan migas dan peluncuran buku ini, diharapkan dapat menaruh perhatian terhadap isu keselamatan migas yang aman, andal, dan ramah lingkungan sehingga dapat meningkatkan iklim investasi di sektor migas.

"Untuk itu perlu diupayakan evaluasi secara berkala dan terus diperbarui sesuai dengan kebutuhan yang ada sehingga mampu mencapai nihil kecelakaan atau zero accident," tukasnya.

Buku Atlas Keselamatan Migas diharapkan dapat memberi manfaat bagi para pelaku usaha migas dalam meningkatkan aspek keselamatan migas. Bagi yang berminat, dapat mengunduh di website migas.esdm.go.id. (TW)