Kontrak Gross Split Sengkang dan East Sepinggan Ditandatangani, Komitmen Kerja Pasti US$ 88.000.000

Tuesday, 11 December 2018 - Dibaca 1136 kali

Jakarta, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyaksikan penandatanganan kontrak kerja sama bagi hasil gross split Wilayah Kerja (WK) Sengkang dan East Sepinggan, Selasa (11/12). Total investasi pelaksanaan Komitmen Kerja Pasti (KKP) 5 tahun pertama WK Sengkang sebesar US$ 88.000.000dan bonus tanda tangan sebesar US$ 12.000.000.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto dalam laporannya pada penandatanganan kontrak tersebut menyatakan, kontrak WK Sengkang merupakan kontrak perpanjangan dengan pemegang partisipasi interes Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd. sebesar 100%. Kontrak Bagi Hasil WK Sengkang akan berlaku untuk 20 tahun, efektif sejak tanggal 24 Oktober 2022. Partisipasi interes yang dimiliki Energy Equity Epic (Sengkang) tersebut, termasuk partisipasi interes 10% yang akan ditawarkan kepada badan usaha milik daerah.

"Investasi Komitmen Kerja Pasti (KKP) 5 tahun pertama WK Sengkang sebesar US$ 88.000.000 dan bonus tanda tangan sebesar US$ 12.000.000," papar Djoko.

Sedangkan Kontrak Bagi Hasil WK East Sepinggan merupakan kontrak skema Cost Recovery pertama yang beralih menjadi kontrak skema gross split sesuai dengan usulan Kontraktor, di mana salah satu pertimbangannya adalah dalam rangka efektifitas pengembangan WK East Sepinggan. Pemegang partisipasi interes WK East Sepinggan adalah Eni East Sepinggan Limited sebesar 85% dan PT Pertamina Hulu Energi East Sepinggan sebesar 15%, di mana Eni East Sepinggan Limited bertindak sebagai operator.

Dengan ditandatanganinya 2 kontrak ini, total jumlah kontrak kerja sama skema gross split mencapai 32 kontrak.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengapresiasi penandatanganan kontrak ini, terutama dengan peralihan skema cost recovery menjadi gross split untuk WK East Sepinggan. Menurut dia, hal ini menunjukkan bahwa kontrak gross split menarik bagi investor.

"Ini saat yang sangat bagus bahwa apa yang kita usahakan selama ini, kita percaya bahwa gross split akan memberikan certainty, simplicity dan efficiency, kita buktikan hari ini," kata Arcandra.

Kepada KKKS Energy Equity Epic yang menjadi operator WK Sengkang, Wamen mengucapkan selamat untuk kontrak kerja samanya yang berlaku 20 tahun. Komitmen kerja pasti sebanyak US$ 88.000.000 atau sekitar Rp 1,3 triliun akan menambah dana eksplorasi migas Indonesia. (TW)