LEMIGAS Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi & Pembekalan Sertifikasi PPC BBM, BBN & Pelumas

Thursday, 21 September 2023 - Dibaca 195 kali

Jakarta, Balai Besar Pengujian Migas "Lemigas" Direktorat Jenderal Migas menggelar workshop "Peningkatan Kompetensi dan Pembekalan Sertifikasi Petugas Pengambil Perconto (PPC) BBM, BBN dan Pelumas" bertempat di Kantor Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) LEMIGAS, Cipulir, Jakarta dan PPSDM Migas-Cepu (18-22/9).

Workshop dibuka Basuki selaku Kepala Bagian Umum mewakili Kepala BBPMGB LEMIGAS Ditjen Migas, dengan diikuti oleh 14 peserta yang merupakan utusan dari PT. Fuch Lubricants Indonesia, PT. Pertamina Lubricant, PT. Nippon Oil Indonesia, PT. Nippon Oil & Energy Lubricant Indonesia, PT. Idemitsu Lube Techno Indonesia, PT. Atlas Copco Indonesia, PT. Abadi Kokoh Insani, PT. Nusaraya Putra Mandiri, PT. Balmer Lawrie Indonesia, PT. Dynamax Solid Industri, PT. Anugerah Canggih Pratama, dan PT. Castrol Indonesia.

Dalam sambutannya, Basuki menegaskan "Pada SNI/ISO 17025-2017, Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi, Sampling merupakan langkah pertama dalam rangkaian kegiatan pengujian. Sampling yang mewakili kondisi sebenarnya merupakan syarat agar pengujian akurat, sebaliknya kesalahan dalam pelaksanaan sampling akan membuat pengujian tidak berarti apa-apa".

"SNI/ISO 17025-2017 juga mensyaratkan pentingnya kompetensi personil agar laboratorium uji bisa dianggap kompeten. Kompetensi personil ini ditandai dengan diperolehnya sertifikasi personil oleh lembaga yang berwenang", pungkas Basuki.

Melalui kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi dan Pembekalan Petugas Pengambil Perconto (PPC) BBM, BBN dan Pelumas Workshop ini, BBBPMGB LEMIGAS bersama PPSDM Migas berupaya untuk terus berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam industri minyak dan gas bumi nasional. (WD)