Menteri ESDM Lantik Tutuka Ariadji Sebagai Dirjen Migas

Jakarta, Bertempat di Ruang Sarulla, Jumat (6/11), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif melantik dan mengambil sumpah Prof. Ir. Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

Pria kelahiran Solo, 26 Agustus 1964 ini menyelesaikan S1 Teknik Perminyakan ITB dan menempuh jenjang S2 dan S3 Teknik Perminyakan di Texas A&M University. Jabatan terakhir Tutuka adalah Ketua Forum Guru Besar ITB.

Selain melantik Tutuka Ariadji, Menteri ESDM juga melantik dan mengambil sumpah Dr. Ir. Dadan Kusdiana M.Sc., sebagai Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi serta Maompang Harahap S.T., M.M, sebagai Inspektur I Kementerian ESDM.

"Saya ucapkan selamat dengan harapan saudara dapat menjalankan amanah ini dengan integritas yang tinggi sesuai sumpah jabatan dan pakta integritas yang telah saudara ucapkan," ujar Menteri ESDM mengawali sambutannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jabatan Dirjen Migas dan Dirjen EBTKE merupakan unsur pelaksana penting Kementerian ini dalam memutuskan, melaksanakan dan mengawasi kebijakan teknis di bidang migas dan juga di bidang energi baru terbarukan dalam upaya mendukung penyediaan energi nasional untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tantangan yang dihadapi saat ini dan ke depan tidaklah mudah. Apalagi saat ini kita sedang berupaya bangkit untuk memulihkan ekonomi kita dari pandemi Covid 19," tambahnya.

Di tengah kondisi perekonomian yang sulit ini, Pemerintah terus berupaya untuk memaksimalkan pendapatan nasional khususnya melalui PNBP maupun investasi di sektor ESDM. Capaian PNBP hingga September 2020 mencapai Rp 80,71 triliun dari target APBN-P ke 2 sebesar Rp 90,22 triliun. Sedangkan untuk investasi hingga September 2020 mencapai US$ 16,05 miliar dari target US$ 36,55 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Arifin juga mengingatkan bahwa saat ini sudah akhir 2020. Masing-masing pimpinan unit organisasi diminta melakukan monitoring dan percepatan terhadap realisasi anggaran, serta melaksanakan anggaran secara akuntabel.

"Dengan tugas dan tanggung jawab yang penuh tantangan, saya mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian ESDM untuk bekerja secara sinergi dan kolaborasi dengan integritas tinggi sesuai aturan, utamakan pelayanan publik dengan baik, tidak menunda proses, kembangkan kerja sama yang baik dengan stakeholders. Dengan demikian, saya yakin kinerja sektor ESDM bisa diwujudkan dengan baik," tutur Arifin.

Mengakhiri sambutannya, Menteri ESDM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung program Pemerintah mewujudkan tata kelola sektor ESDM yang semakin baik. (TW)