Dr. Antonius Ratdomopurbo, “Selalu Belajar dari Pengalaman”

Dr. Antonius Ratdomopurbo, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Geologi - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, berkesempatan hadir dan berbagi ilmu dan pengalamannya dalam 1 Day With Expert (1DWE) di Grha Oktana, Jumat, 14 Februari 2020.

Dengan mengangkat tema "Learning in Modern Era - From Physics to Geology," Antonius menyampaikan bahwa, "Basic saya adalah Fisika dan saya tidak pernah menyangka bahwa sekarang ini saya harus menggeluti Geologi. Jadi, apa yang saya kerjakan saat ini, tidak sesuai dengan yang saya pelajari dulu."

"Dalam dunia kerja nanti, kalian harus selalu siap untuk mempelajari hal-hal baru yang tidak sesuai dengan basic pendidikan kalian. Apalagi sarana teknologi saat ini sangat mendukung. Selalu belajar dari pengalaman, baik pengalaman sendiri, maupun pengalaman orang yang lebih ahli," pesan Antonius untuk mahasiswa PEM Akamigas yang mengikuti sesi 1DWE.

Bercerita tentang awal pemasangan seismograf di Indonesia yang dilakukan di tahun 1950an di Merapi, Antonius secara bertahap menyampaikan tentang berbagai kelemahan atas pemantauan gunung merapi saat itu, hingga perkembangannya saat ini yang transmisi signal dan data semakin cepat dengan detail yang semakin akurat. (drm)