Kunjungi ITEKES, Kepala PPSDM Geominerba Soroti Pelatihan Rescue

Denpasar, Bali - Usai menghadiri Forum Kepala Dinas ESDM Seluruh Indonesia, Kepala PPSDM Geominerba, Dwinugroho nengunjungi ITEKES Denpasar, Jumat (13/9). Ia mendampingi Kepala BPSDM ESDM, IGN Wiratmaja Puja yang juga tengah berada di Bali.

Sebagai tuan rumah, Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan Latihan dan Pelayanan Kesehatan Bali, Ida Bagus Arka beserta jajarannya menyambut hangat. "Terimalah tamu dengan hati yang tulus," ujar Ida Bagus Arka.

Bukan kunjungan biasa, kegiatan ini sebagai tindak lanjut rencana pembangunan Politeknik Energi Pertambangan (PEP) di Bali. Rencana tersebut diinisiasi Kementerian ESDM melalui BPSDM ESDM.

"Secara pribadi, saya menghaturkan terima kasih karena mendidik anak muda menjadi tenaga yang professional, santun dan etika yang baik. Saya salut dengan para dosennya", ujar Wiratmaja Puja.

Dalam kesempatan yang sama, Dwinugroho ingin menyoroti keselamatan pertolongan pertama yang telah diterapkan di ITEKES. Secara medis, serupa dengan diklat rescue yang diselenggarakan PPSDM Geominerba, seperti Vertical Rescue, Mine Rescue, atau Water Rescue.

"Kami lakukan secara teknis penyelematan rescue dan di-combine secara medis/kesehatan. Karena akan sangat penting manakala ada bencana harus ada pertolongan ini. Kami buatkan program untuk pelatihan rescue ini," ujar Dwinugroho di sela kunjungannya.

Di akhir kunjungan, rombongan diajak untuk berkeliling menilik fasilitas yang dimiliki ITEKES Denpasar yang sudah berdiri sejak 1983 ini. (IR)