PPSDM KEBTKE Adakan Pelatihan PLTS untuk Masyarakat Indonesia

JAKARTA - PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Diklat Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS Terpusat Bagi Pengelola dan/atau Operator yang diselenggarakan pada tanggal 11 November sampai dengan tanggal 22 November 2019, di PPSDM KEBTKE.

Pelatihan ini telh diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sumatera Barat.


Diadakannya acara ini bertujuan untuk menghasilkan pengelola PLTS Terpusat yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTS Terpusat

Salah satu bentuk pengembangan energi dari kebijakan pemerintah dalam hal diversifikasi diantaranya adalah pemanfaatan sumber energi yang bersumber dari tenaga surya.


"Masyarakat adalah stakeholder penting dalam pemanfaatan PLTS. Suksesnya program energi baru terbarukan dan konservasi energi Indonesia tidak lepas dari peran aktif masyarakat yang memiliki kompetensi melalui pelatihan-pelatihan seperti yang saat ini dilaksanakan oleh PPSDM KEBTKE," ungkap Kepala PPSDM KEBTKE, Laode Sulaeman dalam sambutannya.


Pemerintah telah menjalankan program pengembangan PLTS di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang terisolasi dari jaringan listrik atau kita kenal dengan sistem off-grid.


Suksesnya program pemerintah tersebut tidak lepas dari kompetensi sumber daya manusia yang nantinya akan mengelola sistem PLTS yang sudah dibangun dan pengembangan lebih lanjut.


Pemanfaatan PLTS tersebut harus direncanakan dengan sebaik-baiknya dengan menyesuaikan potensi yang tersedia dan sebaran rumah penduduk yang akan memanfaatkan energi listrik tersebut, misalnya untuk pemukiman penduduk yang berkelompok maka dibangun PLTS terpusat.