Promosi Secara Terus Menerus Akan Membentuk Branding PEM Akamigas

Thursday, 16 May 2019 - Dibaca 1672 kali

Penguatan branding, tidak akan lepas dari keterlibatan media massa baik itu online maupun offline. Oleh karena itu, PEM Akamigas secara khusus mengundang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah dan PWI Kab. Blora untuk berbagi ilmu dan pengalamannya tentang media dan kaitannya dengan penguatan branding.

Disambut oleh Prasudjyana Gamarlap Seputra Kepala Bagian Umum dan Keuangan PEM Akamigas yang menyampaikan bahwa pencerahan tentang bagaimana harus berhubungan dengan media massa ini sangat diperlukan, karena saat ini memang PEM Akamigas perlu untuk semakin menguatkan brandingnya, terutama dalam prosesnya mencari bibit-bibit unggul generasi muda sebagai tenaga kerja di industri migas.

Nama Akamigas Cepu, memang sudah dikenal oleh banyak orang. Namun, dengan berjalannya waktu, bermunculan nama-nama baru yang juga memakai Akamigas. Oleh Amir Machmud yang juga Ketua PWI Jawa Tengah ini mengatakan bahwa promosi yang secara terus menerus inilah yang nantinya akan membentuk branding. Apabila promosi dihentikan, lama-lama branding itu juga akan luntur.

Oleh Wahono (Ketua PWI Kab. Blora) juga ditambahkan dengan bercerita, "Saya pernah ditanya teman saya di Bali yang juga seorang wartawan, apakah Akamigas Cepu itu masih ada? Itu membuktikan bahwa untuk saat ini, informasi tentang perubahan nama Akamigas, yang menjadi STEM Akamigas hingga kini menjadi PEM Akamigas ini belum merata."

Sebagai pemateri pertama, Wahono mengangkat tema "Media Massa sebagai Sarana Promosi" menjelaskan terutama untuk mengidentifikasi berita-berita hoaks yang kini makin marak. Bahwa berita bohong dibuat secara sengaja, pembuatnya faham berita itu bohong, tujuannya untuk menipu dengan beritanya. Untuk mengantisipasinya kita harus rutin membaca media well-established dan dihormati, orang yang jarang mengkosumsi berita adalah rentan hoaks, kita juga harus berhati-hati dengan judul prvokatif, cermati alamat situs, periksa fakta, cek keaslian foto dan bila perlu ikut grup diskusi anti hoaks.

Amir Machmud yang menjelaskan tentang "Media, Promosi, Branding.....", menyampaikan bahwa "media massa saat ini sudah tidak lagi berpedoman bad news is a good news, kini berita baik pun adalah berita yang menarik, seperti halnya berita-berita prestasi mahasiswa, kegiatan-kegiatan kampus."

Kegiatan ini diikuti oleh tim humas PEM Akamigas, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Humas Himpunan Mahasiswa masing-masing program studi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pena Vyatra, UKM Vyatra Radio dan UKM Fotograsi/IT. (drm)