Fokus Perbaikan Tata Kelola Sektor Energi, KESDM dan KPK Kembali Gelar Koordinasi dan Supervisi

BANDUNG - Dalam upaya monitoring pemenuhan data sub sektor minyak dan gas bumi (migas) dan tindak lanjut isu dan permasalahan yang menjadi kendala di sektor energi, khususnya sektor hulu dan hilir migas, hari ini, Rabu (15/3), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Forum Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Sektor Energi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Auditorium Badan Geologi, Bandung. Forum ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian ESDM, Mochtar Husein selaku Ketua Pelaksana Korsup.

Mochtar Husein menyampaikan arahan dari Menteri ESDM untuk mewujudkan tata kelola sektor ESDM menjadi lebih baik, yang dalam Korsup kali ini dikhususkan untuk sektor hulu dan hilir migas. Upaya menuju ke sana diawali dengan pemutakhiran data sektor migas sebagai bahan evaluasi dan analisis oleh Tim Korsup ESDM dan KPK. "Tim Korsup membutuhkan data untuk diolah dan dianalisis yang nantinya jika ada hal-hal terkait dengan tata kelola yang tidak baik, tentunya akan menjadi fokus untuk diperbaiki," jelas Mochtar.

Namun demikian, Mochtar menambahkan bahwa arah perbaikan lebih kepada pencegahan bukan dengan melakukan penindakan. "Saya harapkan kerja sama dapat terjalin baik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Perlu bapak sampaikan kepada manajemen badan usaha yang hadir hari ini, bukan untuk penindakan tapi pencegahan untuk perbaikan tata kelola ke depan," ujar Mochtar.

"Jadi pesan utama saya, yang paling penting, marilah kita ikuti Korsup ini dengan baik, kita sediakan apapun data yang diminta oleh KPK, untuk dievaluasi dan dianalisis, untuk perbaikan tata kelola ke depan, supaya kita enak, di sisi pemerintah enak, bapak yang berbisnis juga nyaman, dalam koridor aturan semua,"pinta Mochtar.

Dalam kesempatan tersebut Mochtar Husein selaku Ketua Pelaksana Korsup juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung upaya pemutakhiran data sektor migas. "Terima kasih kepada bapak ibu sekalian bisa mendukung kegiatan ini, harapan saya bisa selesai lebih cepat. Tentunya ini bisa berjalan baik hanya dengan dukungan bapak ibu sekalian, baik yang di instansi pemerintah maupun swast, saya berharap kerjasama yang baik," harap Mochtar.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Tim Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNSPDA) KPK, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KESDM, Kepala Badan Geologi KESDM, Kepala Humas SKK Migas, dan Deputi Pencegahan KPK. (RAF)
Copy Right © 2017 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi