OPEC Memutuskan Mempertahankan Produksi Minyaknya

Monday, 10 March 2008 - Dibaca 4486 kali

Keputusan OPEC tersebut diambil pada pertemuannya yang ke 148, pada tanggal 5 Maret 2008 di Wina, Austria dengan tingkat produksinya sebesar 29,67 juta barel per hari (bph).

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Presiden OPEC Chakib Khelil itu, menilai harga minyak yang terjadi saat ini bukan cerminan faktor fundamental, karena pasokan minyak mentah lancar, sedangkan stok komersial berada diatas rata-rata pada empat-lima tahun terakhir.

OPEC memandang harga minyak yang masih berada diatas USD 100/barel saat ini lebih dipengaruhi oleh gejolak mata uang USD, meningkatnya inflasi serta aliran dana yang signifikan ke dalam pasar komoditi.

Mempertimbangan kecenderungan iklim permintaan minyak yang rendah selama kuartal kedua, OPEC memutuskan untuk tetap mempertahankan tingkat produksi saat ini. Produksi OPEC saat ini adalah 31,99 juta bph.

''Keputusan ini sebagai bentuk komitmen OPEC untuk menciptakan stabilitas pasar dan memastikan pasokan berjalan lancar,'' tulis siaran pers OPEC usai pertemuan. OPEC juga memutuskan pertemuan berikutnya akan diselenggarakan bulan September 2008 mendatang.

Share This!