Contact Center 136

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan informasi.
  • Untuk semakin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait sektor ESDM, Pada hari Rabu 15 Agustus 2018, Kementerian ESDM meluncurkan layanan Contact Center ESDM 136 yang dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan cukup menekan 136.
  • Contact Center ESDM 136 ini dibentuk untuk memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM, baik berupa pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
  • Contact Center ESDM 136 merupakan tindak lanjut arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang meminta semua unit kerja Pemerintah, mempunyai semangat untuk melayani masyarakat.
  • Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan fungsi contact center PLN123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama ini. Ini justru akan memperkuat keberadaan contact center tersebut. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut.
  • Contact Center ESDM 136 ini akan membantu penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.
  • Biaya yang dikenakan pada masyarakat jika menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon diluar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM. Pembiayaan lokal perlu dibebankan untuk menghindari telepon "iseng" atau "prank call" yang dapat mengganggu kinerja Contact Center ESDM 136.
  • Contact Center ESDM 136 ini akan melayani pertanyaan, keluhan dan permintaan informasi masyarakat sejak pukul 07:00 hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu akan diaktifkan fitur Interactive Voice Respond (IVR).
  • Layanan Contact Center ESDM 136 saat ini mempunyai total 7 agen costumer service officer (CSO), 2 team leader (TL), dan 1 quality assurance (QA). Layanan ini juga mempunyai agen-agen perwakilan dari seluruh unit-unit teknis yang ada di lingkungan Kementerian ESDM.
No Title Create Time Hits Download
1 Contact Center 136 Info Thursday, 13 September 2018 731
Copy Right © 2018 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center