Menteri ESDM: Jangan Persulit Urusan Orang Lain

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik dan mengambil sumpah 10 Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Kementerian ESDM, Rabu (7/3). Dalam kesempatan itu, Menteri Jonan menekankan agar para pegawai di lingkungan Kementerian ESDM harus investor friendly atau tidak mempersulit urusan orang lain. Hal ini penting bagi penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi negara.

"Saya minta semua kepala unit harus bekerja merubah budaya kerja supaya investment friendly. Dunia usaha itu tidak perlu dipersulit. Kalau perlu (investor friendly) harus semaksimal mungkin, sesuai peraturan yang ada supaya pertumbuhan ekonomi semakin baik," tegas Jonan dalam sambutannya pada pelantikan tersebut.

Dia melanjutkan, investor friendly sangat penting untuk mendorong dunia usaha lebih berkembang sehingga dapat tercipta lapangan kerja baru. "Setiap tahun 2,5 juta generasi muda kita memasuki angkatan kerja. Ini mau dicarikan lapangan kerja di mana? Kan nggak bisa semua jadi pengusaha. Jadi ini tolong, Kementerian ini juga bisa membantu mencarikan lapangan kerja baru untuk adik-adik kita yang baru lulus sekolah untuk memasuki lapangan kerja baru," paparnya.

Penyederhanaan 186 peraturan dan perizinan yang dilakukan Kementerian ESDM merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong agar investasi di sektor ESDM semakin bergairah. Dalam Sidang Kabinet, upaya ini mendapat pujian. Oleh karena itu, Menteri Jonan meminta agar para pimpinan Kementerian ESDM segera melakukan sosialisasi dengan pihak-pihak terkait mengenai penyederhanaan peraturan dan perizinan ini. "Saya minta ada sosialisasi yang sungguh-sungguh. Tidak usah pergilah Dirjennya kalau nggak penting. Coba dipimpin sosialisasi yang benar," pintanya.

Dalam kesempatan itu, Jonan menyampaikan bahwa mutasi bagi para pejabat yang telah menduduki jabatannya lebih dari 3 tahun sangat penting untuk meningkatkan wawasan. "Selama saya menjadi menteri, saya akan mendorong orang untuk pindah-pindah supaya wawasannya lebih luas dan kesempatannya untuk promosi lebih baik sehingga pimpinan ESDM itu makin lama makin baik, bukan makin turun. Karena bangsa ini juga makin lama, makin maju," kata dia.

Diakui Jonan, ada pihak-pihak yang mengajukan protes atas mutasi yang dilakukan tersebut. Namun menurut Menteri ESDM, hal ini merupakan konsekuensi sebagai aparatur negara yang pada awal bekerja telah menandatangani kesediaan ditempatkan di mana saja.

Para pejabat yang dilantik dalam kesempatan ini adalah:
1. Dra. Soerjaningsih, M.K.K.K. sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
2. Ir. Jisman P. Hutajulu, M.M. sebagai Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
3. Suyanto, S.E. sebagai Kepala Subdirektorat Usaha Penunjang Ketenagalistrikan pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan.
4. Ir. Gede Suantika, M.Si.sebagai Kepala Bagian Tata Usahapada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada Badan Geologi.
5. Ir. Wawan Irawan sebagai Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada Badan Geologi.
6. Ir. Agus Riawan Tri Pamungkas sebagai Kepala Seksi Perlindungan Lingkungan Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan pada Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan.
7. Rini Alfiyanti, S.H., M.Ak. sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
8. R. Evie Sofianti, S.H., M.M. sebagai Kepala Subbagian Hukum pada Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
9. Teguh Supriyanto, S.E., M.B.A. sebagai Kepala Subbagian Perbendaharaan pada Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.
10. Fenny Julini Tiurma, S.E.Ak., M.Ak. sebagai Kepala Subbagian Akuntansi pada Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral. (TW)

Copy Right © 2018 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi