Kunjungi PLN UID Jawa Timur, Kementerian ESDM dan DPR RI Pastikan Ketersediaan Listrik yang Handal

Wednesday, 7 February 2024 - Dibaca 109 kali

Kunjungi PLN UID Jawa Timur, Kementerian ESDM dan DPR RI Pastikan Ketersediaan Listrik yang Handal

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII DPR RI memastikan perlunya ketersediaan listrik yang handal di Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu Pusat kegiatan Industri dan Perdagangan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI Pada Reses Masa Sidang III Tahun Sidang 2023-2024, Rabu (7/2/2024) di Kantor PLN UID Jawa Timur.

"Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu pusat kegiatan industri dan perdagangan di Indonesia tentu memiliki tantangan tersendiri dalam memastikan ketersediaan listrik yang handal dan berkesinambungan," ujar Ida.

Lebih lanjut Ida menegaskan bahwa PLN sebagai mayoritas penyedia layanan listrik di Indonesia memiliki peran yang krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Seperti diketahui, dalam upaya meningkatkan akses kepada masyarakat, secara nasional saat ini capaian Rasio Elektrifikasi di tahun 2023 sebesar 99,78%, dan Rasio Desa Berlistrik 99,83%. Di Provinsi Jawa Timur, capaian Rasio Elektrifikasi telah mencapai 99,62%, dan Rasio Desa Berlistrik 100%.

"Untuk Provinsi Jawa Timur, capaian Rasio Elektrifikasi tahun 2023 telah mencapai 99,62%, dan Rasio Desa Berlistrik 100%," terang Ida.

Anggota Komisi DPR RI Diah Nurwitasari mengimbau agar PLN juga ikut menjaga keandalan pasokan listrik selama kegiatan Pemilu yang akan berlangsung tidak lama lagi.

"Jangan menjadi catatan buruk ketika perhitungan suara terjadi mati lampu," tegas Diah.

Pada saat yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Ibu Ratna Juwita mengapresiasi kolaborasi yang terjalin antara Ditjen Ketenagalistrikan, PLN dan DPR-RI.

"Komisi VII berkomitmen mendukung kegiatan pemerintah dan PLN khususnya program Lisdes (Listrik Perdesaan)," terang Ratna.

Hadir dalam Kunjungan Kerja tersebut Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam, Anggota Komisi VII Gandung Pardiman, Hendrik Sitompul, Bambang Dwi, Ratna Juwita Sari, Diah Nurwitasari, Sesditjen Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari, Direktur Manajemen Risiko PLN Suroso Isnandar, GM UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo dan GM PLN UIT Jawa Bali Madura Amiruddin. (RO).