Sosialisasi Covid-19, Pegawai Diimbau Tidak Panik

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan menyelenggarakan Sosialisasi Covid-19 di ruang Samaun Samadikun Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Selasa (10/3). Sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber dr.Ulfa Nurul Haidar. Sosialisasi ini dihadiri oleh pegawai Ditjen Ketenagalistrikan.

Sosialisasi ini dilakukan kepada seluruh pegawai agar mereka dapat lebih mengerti dan memahami bagaimana penularan dan bahayanya Virus Corona. Pegawai diharapkan lebih waspada untuk mencegah sedini mungkin virus Corona, dimulai dengan mencontoh perilaku hidup sehat dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Covid-19 merupakan virus jenis baru dari kelompok virus Corona yang biasa dikenal dapat menyebabkan penyakit pernafasan pada manusia. Contoh virus kelompok Corona lain yang pernah menginfeksi manusia dan mematikan adalah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle-East Respiratory Syndrome). Sedangkan jenis virus corona lainnya hanya menyebabkan "common cold" biasa.

Ulfa mengatakan SARS dan COVID-19 diketahui lebih mudah menyebar dari manusia ke manusia daripada MERS. Dan jika dibandingkan dengan SARS, penularan COVID-19 dari manusia ke manusia lebih mudah terjadi dan lebih cepat. Penularan COVID-19 yang lebih cepat dibandingkan SARS dan MERS membuat jumlah penderita penyakit ini meningkat tajam dalam waktu singkat.

Gejala umum Covid-19 adalah demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan dan letih lesu. "Segera periksakan diri ke Dokter di fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gelaja-gejala tersebut, apalagi jika mengalami sesak nafas," ujar Ulfa.

Hal yang patut dicermati adalah pasien virus corona bisa sembuh dengan sendirinya karena imunitas tubuh. Karenanya, kita hanya perlu menjaga tubuh untuk tetap sehat agar terhindar dari virus corona. Jika tubuh sehat, maka tingkat imunitas tubuh akan ikut dalam kondisi baik. "Oleh karena itu, kita harus melakukan pola hidup yang sehat, dengan cara rutin berolah raga, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi seimbang dan matang, sering cuci tangan, menggunakan masker bila batuk pilek dan jangan lupa berdoa agar terhindar dari Virus Corona," tutup Ulfa. (AT)