Tingkatkan Motivasi dan Kinerja Pegawai, Gatrik Award 2023 Digelar

Wednesday, 27 December 2023 - Dibaca 139 kali

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan kembali menggelar ajang penghargaan internal bertajuk Gatrik Award 2023. Penghargaan ini merupakan pemberian apresiasi kepada individu dan unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang telah berkontribusi dan berkinerja baik.

"Salah satu tujuan Gatrik Award adalah untuk meningkatkan motivasi dan kinerja PNS dalam melaksanakan tugas fungsi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari, Jumat (22/12/2023), dalam laporannya pada Acara Puncak Gatrik Award 2023 di Bogor.

Ida menyebut penghargaan Gatrik Award diberikan kepada 1 Unit Kerja Terbaik, 1 Unit Pelayanan Publik Terbaik, 4 orang PNS Berprestasi dan 8 orang PNS Teladan. Di samping itu, Gatrik Award 2023 juga diberikan kepada Aplikasi SI UJANG GATRIK atas capaian Top 99 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 dan Sekretariat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan atas penghargaan Anugerah Tata Bandha Energi 2023.

"Gatrik Award 2023 juga diberikan kepada Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan atas Penghargaan Tata Kelola Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Tahun 2022, serta Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang mendapat apresiasi dari Menteri ESDM atas Kinerja Baik dalam Penyelesaian Administrasi Hibah Barang Milik Negara Bantuan Pasang Baru Listrik Tahun Anggaran 2022," tutur Ida.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu menekankan pentingnya memiliki sikap melayani. Tak hanya itu, ia juga mengingatkan para pegawai untuk menjaga core values ASN BerAKHLAK, yang merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Hal-hal yang menjadi core values kita yakni BerAKHLAK harus kita pegang bersama. Tugas kita adalah melayani, berorientasi pelayanan. Ini saya harap dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Jisman.

Ia menyebut semua pihak memiliki peran dan konstribusi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di Ditjen Gatrik. Jisman lantas menyampaikan apresiasinya pada para pemenang Gatrik Award.

"Selamat kepada para pemenang. Menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mempertahankan prestasi ini. Jadi jangan sampai setelah mendapat penghargaan malah berleha-leha, harus effort lebih tinggi dan lebih kreatif," pungkasnya.


Terus Tingkatkan Pelayanan

Koordinator Usaha Penunjang Ketenagalistrikan Didit Waskito mengucap syukur setelah mengetahui Layanan Perizinan Berusaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik menjadi Unit Pelayanan Publik (UPP) Terbaik Gatrik Award 2023. Capaian ini diraih setelah unggul nilai kumulatif pada seleksi administrasi dan seleksi presentasi dibanding empat layanan publik lainnya di Ditjen Gatrik.

"Bersyukur bisa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin. Tujuan kami bukan mendapatkan penghargaan-penghargaan ini, tapi murni untuk melayani masyarakat semaksimal mungkin sehingga kehadiran negara dalam melayani masyarakat nyata adanya," tuturnya.

Dengan prestasi yang dicapai, ia ingin terus dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan tim Pokja Usaha Penunjang Ketenagalistrikan, Didit menyampaikan ingin menyempurnakan layanan yang ada.

"Ke depan kita terus ingin tingkatkan pelayanan. Kita cari permasalahan yang ada, yang bolong-bolong di mana, kita cari solusinya bersama dan sempurnakan. Feedback dari masyarakat juga diperlukan untuk perbaikan ke depan," kata Didit.

Koordinator Keuangan Patar Robinson yang menjadi The Best Coach dari Sekretariat Ditjen Gatrik untuk kategori Pegawai Teladan, mengatakan kerja sama timlah yang membuatnya mendapatkan penghargaan tersebut.

"(Penghargaan) Ini tidak hanya bisa diraih oleh saya saja, harus ada dukungan dari teman-teman di Pokja Keuangan. Kerja sama tim dengan baik dengan teman-teman adalah kunci pimpinan bisa melihat bahwa Pokja Keuangan bisa dijadikan panutan di tahun 2023 di unit Sekretariat Ditjen Gatrik," Patar menjelaskan.

Berikut adalah daftar para pemenang Gatrik Award 2023:

A. Kategori PNS Teladan

The Best Coach Tahun 2023:

1. Robinson Siallagan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

2. Budianto Hari Purnomo dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan

3. Ferry Triansyah dari Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan

4. Bayu Nugroho dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan

The Best Mentor 2023:

1. Frico Dian Putra dari Sekretariat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

2. Hasan Maksum dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan

3. Syariffuddin Achmad dari Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan

4. Budiono dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan

B. Kategori PNS Berprestasi

1. Pandu Satria Jati (PNS Berprestasi Utama) dari Sekretariat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

2. M. Kuncoro dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan

3. Fuad Hidayanto dari Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan

4. Arif Arkarnis dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan

C. Kategori Unit Pelayanan Publik Terbaik

Layanan Perizinan Berusaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik dari Pokja Usaha Penunjang Ketenagalistrikan

D. Kategori Unit Kerja Terbaik

Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan