Pemerintah Berikan Apresiasi Atas Serapan Produk Dalam Negeri

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan apresiasi kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan penyedia barang dan/atau jasa atas kinerja penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu migas di tahun 2016.

"Pemerintah sangat mendukung penggunaan produk dalam negeri karena menciptakan lapangan kerja, nilai tambah, ataupun alih teknologi," ujar Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Rabu dalam Forum Gas Nasional (3/5).

Jonan menekankan peningkatan penggunaan produk dalam negeri harus mempertimbangkan kualitas. "Logikanya penggunaan dalam negeri itu harus kompetitif baik dari harga ataupun kualitas," tegas Jonan.

Apresiasi tersebut berupa Piala Cinta Karya Nusantara dan piagam penghargaan yang diberikan kepada 4 perusahaan KKKS dan Penyedia Barang dan/atau Jasa, yaitu: Cnooc Ses Ltd.(Emas), Total E&P Indonesie (Emas), PT. Pertamina EP (Emas), PT. Meindo Elang Indah (Perak).

Perusahaan tersebut mendapat penghargaan atas komitmen, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penggunaan produk dalam negeri serta mempertimbangkan tim penjurian.

Penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan sekaligus peluncuran buku Apresiasi Produk Dalam Negeri (APDN) tahun 2016.

Buku APDN merupakan katalog penyedia barang dan jasa penunjang migas di Indonesia yang juga menjadi acuan dalam merancang desain maupun spesifikasi proyek dalam kegiatan hulu migas. Selain itu, buku ini juga menjadi acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan procurement dalam kegiatan hulu migas serta acuan pengendalian impor barang. (NA)

Copy Right © 2017 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi