1.700 Peserta Ramaikan Pencanangan Hari Sadar Energi Bersih

Saturday, 28 May 2011 - Dibaca 2608 kali
KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
NOMOR: 34/HUMAS KESDM/2011
Tanggal: 29 Mei 2011

HARI SADAR ENERGI BERSIH NASIONAL

Dalam rangka membangun kesadaran masyarakat dalam meningkatkan pemanfaatan energi bersih yang meliputi penggunaan energi baru terbarukan dan konservasi energi serta pemakaian teknologi yang efisien, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerjasama dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol dan Indonesia Institute of Clean Energi pada tanggal 29 Mei 2011 menyelenggarakan Kampanye Sadar Energi Bersih. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan car free day dan dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional. Tempat penyelenggaraan di Eco Park Taman Impian Jaya Ancol, yang dikenal sebagai kawasan konservasi alam di tengah-tengah Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini juga mendukung komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia pada pertemuan G20 tahun 2009 di Pittsburgh dan COP-15 di Kopenhagen yaitu sebesar 26% pada tahun 2020 dengan upaya domestik dan dapat ditingkatkan menjadi 41 % dengan bantuan internasional.Peningkatan penggunaan energi bersih sangat penting terutama untuk menjamin ketahanan energi nasional sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim yang saat ini telah kita rasakan bersama dampaknya antara lain terjadinya banjir yang meluas, badai dan kekeringan. Untuk itu diperlukan keterlibatan dari seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan budaya energy bersih dan perilaku ramah lingkungan.

Undang-undang No 30 Tahun 2007 tentang Energi mengamanatkan antara lain tentang penyediaan dan pemanfatan energi terbarukan serta pelaksanaan konservasi energy menjadi tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat, sehingga acara ini sejalan dengan amanat undang-undang tersebut.Acara Hari Sadar Energi Bersih dimulai dengan pelaksanaan Fun Bike yang akan dilepas oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, dilanjutkan dengan acara inti yaitu pencanangan Hari Sadar Energi Bersih, diikuti dengan kegiatan penanaman pohon energi, peluncuran maskot konservasi energi, penobatan duta energi bersih, peluncuran label hemat energi dan penyalaan Lampu Taman Tenaga Surya. Di samping itu, juga diadakan pameran yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, serta dimeriahkan oleh musik yang peduli terhadap energi bersih dan lingkungan yang berkelanjutan.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian terkait antara lain Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan dan Pemda OKI Jakarta, serta para stakeholder yang peduli terhadap peningkatan pemanfaatan energi bersih.Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lain yang mempunyai arah dan tujuan yang sarana untuk meningkatkan penggunaan energi bersih, sehingga terwujud budaya energi bersih demi pembangunan nasional yang berkelanjutan.
Kepala Biro Hukum dan HumasSutisna Prawira

Share This!