Antisipasi Covid-19, Layanan Tatap Muka ESDM Dialihkan ke Sistem Daring

Wednesday, 18 March 2020 - Dibaca 449 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 130.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 18 Maret 2020

Antisipasi Covid-19, Layanan Tatap Muka ESDM Dialihkan ke Sistem Daring

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalihkan sementara semua layanan tatap muka menjadi layanan daring. Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi Pemerintah dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menekankan pelayanan publik sektor ESDM tetap berjalan biasa, namun dialihkan dalam bentuk daring (online) hingga jangka waktu tertentu.

"Pelayanan tatap muka sudah tidak kami terima lagi. Kami sudah menyiapkan sistem online sebagai penggantinya hingga akhir Maret nanti, monitor di http:\\www.esdm.go.id," kata Agung ditemui di Gedung Chairul Saleh Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (18/3).

Masyarakat yang ingin mengajukan permohonan perizinan ESDM pada https:\\perizinan.esdm.go.id, pelayanan informasi atau konsultasi, pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), cetak peta dan pengaduan terkait sektor mineral dan batubara bisa melalui email, yaitu perizinanminerba@esdm.go.id.

Untuk lebih memudahkan pelayanan, sambung Agung, peta/produk/jasa akan dikirimkan melalui Jasa Pengiriman Kilat.

Hal serupa juga terjadi di sektor ketenagalistrikan, Pusat Data dan Informasi ESDM telah menyiapkan sistem daring untuk mengganti pelayanan tatap muka mulai dari konsultasi, pengaduan hingga permintaan informasi bisa didapat melalui email infogatrik@esdm.go.id atau hotline 0215225180 ext 1123.

Sementara untuk layanan perizinan seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) di slodjk.esdm.go.id, Sertifikat Badan Udaha (SBU) di sbu.djk.esdm.go.id dan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKKTK) bisa diakses di skktkdjk.esdm.go.id.

Khusus layanan tatap muka di Lintas EBTKE bisa diakses di laman lintas.ebtke.esdm.go.id/#permohonan untuk permohonan informasi seputar Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan lintas.ebtke.esdm.go.id/#pengaduan untuk pengaduan masyarakat. "Perubahan layanan ini hingga 5 April 2020," tegas Kepala Pusdatin ESDM Agus Cahyono Adi atau yang akrab dipanggil Aca.

Ada juga pelayanan Contact Center ESDM 136 yang dialihkan sementara ke email contactcenter136@esdm.go.id demi melindungi kesehatan pegawai. Saat ini layanan tersebut memiliki 12 agen customer service officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media dan 3 team leader.

"Kesehatan pegawai jadi pertimbangan kami tanpa mengesampingkan kualitas layanan kepada publik. Silahkan hubungi email tersebut bagi masyarakat yang terbiasa mengakses 136," ungkap Aca.

Sedangkan bagi masyarakat ingin melakukan kunjungan ke Museum Geologi di Bandung baru bisa dilakukan pada 30 Maret 2020. "Semoga upaya mitigasi kami bisa menekan penyebaran Covid-19," pungkas Aca. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Share This!