DWP Kementerian ESDM Sulap Kain Nusantara Jadi Karya Seni Memukau

Wednesday, 28 February 2024 - Dibaca 4245 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 122.Pers/04/SJI/2024

Tanggal: 28 Februari 2024

DWP Kementerian ESDM Sulap Kain Nusantara Jadi Karya Seni Memukau

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Workshop "Kreativitas Memanfaatkan Kain Nusantara" di Jakarta, Selasa (27/2/2024). Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas para anggota DWP dalam memanfaatkan kain nusantara dan membangkitkan kecintaan terhadap budaya Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Penasihat DWP Kementerian ESDM Ratna Arifin Tasrif yang menyampaikan bahwa kain nusantara merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. "Kain nusantara memiliki keindahan dan keunikan yang luar biasa. Oleh karena itu, kita harus bangga memakainya dan terus melestarikannya," ungkap Ratna.

Ratna kemudian menjelaskan bahwa kain nusantara disebut sebagai wastra Indonesia atau kain tradisional yang mengandung makna budaya nusantara. Indonesia memiliki empat wastra atau kain tradisional yang diakui secara global: songket, batik, ikat, dan tenun.

"Kain Nusantara tidak identik dengan kesan "kuno", tetapi malah menjadi salah satu jenis warisan leluhur yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, melalui pemanfaatannya dalam gaya hidup dan fashion yang tidak hanya dibutuhkan masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat dunia,"terang Ratna.

Workshop juga menghadirkan narasumber Nita Dwiana, penggiat kain batik dan aktivis yang mengajar di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus. Nita berbagi tips dan trik kreatif dalam memanfaatkan kain nusantara untuk berbagai keperluan, seperti busana, aksesoris, dan dekorasi rumah.

"Awalnya itu saya sering mendapat kain dari teman-teman. Ketika mendapat kain, bingung digunakan untuk apa, lalu muncullah ide, kayanya bisa deh dibuat outer tanpa dipotong sama sekali," terangnya.

Kegiatan workshop di akhiri dengan praktik membuat pakaian outer wanita dengan bermodalkan kain utuh dan peralatan jahit rumahan. Peserta workshop diarahkan untuk mengubah kain tersebut menjadi pakaian yang dapat digunakan.

Workshop ini sendiri merupakan salah satu upaya DWP ESDM dalam meningkatkan peran perempuan dalam melestarikan budaya bangsa. DWP ESDM berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anggotanya dan masyarakat luas. (RD)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agus Cahyono Adi


Share This!