0

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 0071.Pers/04/SJI/2018

Tanggal: 11 Desember 2018

Kementerian ESDM Raih Penghargaan Bhumandala Rajata dan Geoportal Terbaik 2018


Prestasi kembali ditorehkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kali ini penghargaan diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) atas peran Kementerian ESDM dalam membangun pilar-pilar simpul jaringannya menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional, serta mendukung implementasi Kebijakan Satu Peta.

Kementerian ESDM mendapatkan penghargaan Bhumandala Rajata (Unggulan) bersama Kementerian Perhubungan, dan BMKG. Tak hanya itu, Kementerian ESDM juga meraih penghargaan khusus kategori Geoportal Terbaik yaitu Kementerian/Lembaga (K/L) yang berhasil mengembangkan geoportal dengan tampilan menarik, kecepatan akses yang tinggi, dan konten yang lengkap.

Penghargaan Bhumandala diserahkan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko kepada Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar yang mewakili Menteri ESDM, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (11/12).

Dalam rangka implementasi Percepatan Kebijakan Satu Peta, tercatat hingga November 2018, 17 Informasi Geospasial Tematik (IGT) yang menjadi tanggung jawab Kementerian ESDM, terutama untuk pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Papua dapat dipenuhi.

Kementerian ESDM juga memiliki ESDM One Map Indonesia yang merupakan sistem informasi berbasis web yang mampu menyajikan berbagai IGT sektor ESDM secara online. Sistem ini dirancang untuk mengintegrasikan seluruh data spasial di sektor energi dan sumber daya mineral, serta melakukan kolaborasi pengelolaan data spasial dengan berbagai pihak. ESDM One Map Indonesia diresmikan oleh Menteri ESDM pada 31 Mei 2017.

Sebagai Simpul Jaringan Sektor ESDM, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) ESDM berfungsi sebagai focal point dalam koordinasi, integrasi, dan diseminasi informasi geospasial, baik antar unit di lingkungan KESDM maupun dengan K/L lainnya. ESDM One Map Indonesia juga mendapatkan peringkat kedua dalam Public Choice pada GIS Conference di San Diego, USA.

Pada kesempatan kali ini, tercatat 6 (enam) K/L yang mendapatkan Penghargaan Bhumandala 2018 atas prestasinya dalam menerapkan 5 (lima) pilar JIGN (Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standar, SDM). Pada tahun 2018 ini, Penghargaan Bhumandala Kanaka (Terbaik) jatuh kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Melengkapi penerima penghargaan, Kementerian Pertanian memperoleh Bhumandala Ariti (Finalis).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi

c-WhatsApp%20Image%202018-12-11%20at%201

c-WhatsApp%20Image%202018-12-11%20at%201

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Copy Right © 2019 Ministry of Energy and Mineral Resources
Secretariat General of Ministry of Energy and Mineral Resources
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta Pusat 10110
Phone. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center