Menteri Arifin Gelar Halalbihalal Idulfitri 1445 H

Tuesday, 16 April 2024 - Dibaca 2050 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 191.Pers/04/SJI/2024

Tanggal: 16 April 2024

Menteri Arifin Gelar Halalbihalal Idulfitri 1445 H

Memulai hari pertama kerja usai libur Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024M, Keluarga Besar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) laksanakan acara Halalbihalal 1445 H dengan mengusung tema "Kembali Fitri Berbekal Nilai Ramadhan Terpatri dalam Diri".

Dalam sambutannya, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengingatkan semua yang hadir untuk senantiasa bersyukur atas semua karunia nikmat Allah SWT yang sudah didapatkan agar dapat menjadi menjadi berkah dan memberikan manfaat.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengingatkan kepada diri saya pribadi dan mengajak seluruh jajaran pimpinan beserta pegawai Kementerian ESDM marilah kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, karena dengan bersyukur insya Allah semua nikmat menjadi berkah dan memberikan manfaat," ucap Arifin di Jakarta, Selasa (16/5).

Kesempatan bertemu di acara Halalbihalal, menurut Arifin, bukan hanya sekedar suka cita atas selesainya ibadah puasa, tetapi juga tentang mempererat tali silaturahmi di antara seluruh pegawai Kementerian ESDM. "Acara Halalbihalal ini merupakan wujud dari semangat persaudaraan yang harus senantiasa kita pupuk dalam diri kita," tutur Arifin.

Sesuai tema acara hari ini, Arifin berharap semua dapat membuktikan hasil kesungguhannya menjalani ibadah selama di bulan Ramadan dengan tetap menjaga hati menjaga diri untuk senantiasa melaksanakan kebaikan dan kebenaran, dalam keseharian tugas kita, juga dalam keseharian dalam bermasyarakat.

Sebelum menutup sambutannya, Arifin selaku pribadi dan keluarga beserta Pimpinan Kementerian ESDM mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 H serta mewakilkan permohonan maaf kepada semua pihak-pihak yang selama ini berinteraksi dengan Kementerian ESDM. "Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah menerima amalan-amalan Ramadhan kita dan mengabulkan doa-doa terbaik kita," ucap Arifin.

Sementara itu, Prof Nasaruddin dalam tausyiahnya mengutarakan pentingnya menjaga silaturahmi seperti yang disampaikan Menteri ESDM, dan menurut Nazaruddin silaturahmi itu bukan hanya untuk sesama manusia tetapi sangat penting juga untuk bersilaturami dengan alam semesta.

"Silaturahmi terjalin bukan hanya untuk sesama manusia, silaturahmi dengan alam semesta itu juga sangat penting dan kaitannya dengan Kementerian ESDM sangat penting memahami new consensus saat ini. Timbul kesadaran global selama kita memperlakukan alam semesta ini hanya sebagai object maka kiamat akan dipercepat, tetapi kalau kita bersahabat dengan alam itu akan lain yang terjadi," kata Prof Nasaruddin.

Lebih lanjut Prof Nasaruddin menjelaskan, tidak benar ada mitos yang mengatakan alam ini sangat berkuasa dan kita itu adalah kecil dan dikuasai oleh alam dalam aspek mitos. "Hubungan antar manusia dangan alam yang terbaik adalah sinergitas, sama-sama sebagai ciptaan Allah maka relasi kita dengan alam semesta ini adalah secara horizontal tidak lebih tinggi atau lebih rendah," tutur Prof Nasaruddin.

Halalbihalal Keluarga Besar Kementerian ESDM merupakan agenda rutin Kementerian ESDM yang mengumpulkan para pimpinan dan pegawai Kementerian ESDM. Seperti tahun sebelumnya, Halalbihalal tahun ini dihadiri Menteri dan Wakil Menteri ESDM periode sebelumnya, Kepala SKK Migas, Kepala dan Anggota Komite BPH Migas, Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan, Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Pejabat Tinggi Madya periode 2001 s.d. 2023. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agus Cahyono Adi

Share This!