Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-77, Menteri ESDM Tekankan Pemanfaatan Sumber Daya Untuk Kemakmuran Rakyat

Tuesday, 4 October 2022 - Dibaca 960 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 387.Pers/04/SJI/2022

Tanggal : 4 Oktober 2022

Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-77, Menteri ESDM Tekankan Pemanfaatan Sumber Daya Untuk Kemakmuran Rakyat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar upacara Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi (HUT PE) pada hari ini, Selasa (10/4), yang diperingati setiap tanggal 28 September. Peringatan kali mengusung tema "Energi Bangkit Lebih Kuat" dengan harapan sektor ESDM mampu bangkit dalam menghadapi tantangan global dan bangkit dari pandemi Covid-19.

Bertindak sebagai pembina upacara, Menteri ESDM Arifin Tasrif, menyampaikan bahwa dalam memanfaatkan sumber daya energi dan mineral dilakukan secara optimal demi tercapainya kemandirian dan ketahanan energi. "Serta digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, bangsa, dan negara," jelas Arifin dalam sambutannya.

Arifin mengungkapkan,pemanfaatan sumber daya energi dan mineral secara maksimal demi tercapainya kemandirian dan ketahanan energi, serta pembangunan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, bangsa, dan negara.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pemerintah melalui Kementerian ESDM tetap menjaga program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat demi tercapainya kemakmuran rakyat. Adapun program-program Kementerian ESDM yaitu BBM Satu Harga, Jaringan Gas Rumah Tangga, Alat Penyalur Daya listrik (APDAL), dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

"Kemudian kita juga terus meningkatkan nilai tambah mineral dan batubara melalui proses hilirisasi dan pembangunan smelter," paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Arifin mengatakan bahwa kebijakan sektor ESDM mengarah ke transisi energi yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta mendorong pengembangan industri.

"Kebijakan diprioritaskan pada ketersediaan energi dengan memaksimalkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), dengan harga terjangkau dan kegiatan ekstraktif yang ramah lingkungan," pungkas Arifin.

Di akhir sambutan, Arifin berpesan ASN Kementerian ESDM harus dapat melaksanakan core values ASN yaitu BerAKHLAK: Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Nilai-nilai tersebut harus menjadi landasan dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk menjadikan Kementerian ESDM sebagai institusi Pemerintah yang profesional, bermartabat, terpercaya, dihormati dan disegani. (DAN)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)



Share This!