DWP Kementerian ESDM Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

DEPOK - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) mengunjungi Pondok Zidane di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Hadir pula dalam kunjungan tersebut adalah DWP Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, para pengurus DWP di bawah Kemenko Maritim meninjau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman Bermain dan Belajar Anak dan Ibu (BBAI) untuk bersosialisasi mengenai kepedulian sampah kepada anak usia dini. Selain itu Ibu-Ibu DWP juga melihat hasil kerajinan dari sampah rumah tangga, kegiatan pemanfaatan sampah oleh ibu dari siswa PAUD Taman BBAI, dilanjutkan dengan peninjauan pengolahan biogas dari kotoran kuda dan sapi, pengolahan pupuk kompos dari sampah daun, pembuatan lubang biopori, serta mengikuti pelatihan pembuatan keranjang mini dan taplak meja dari kertas koran dan majalah.

Dalam sambutannya, penasihat DWP Kementerian ESDM Ratna Jonan mengungkapkan perubahan pola pikir dalam pengolahan dan pengelolaan sampah. "Saat ini pola pikir harus diubah. Bukan hanya menanamkan pendidikan untuk membuang sampah pada tempatnya, namun juga harus terbiasa untuk mengurangi sampah. Salah satu caranya adalah dengan membawa botol minum atau tempat makan sendiri dari rumah. Itu bisa mengurangi sampah botol maupun plastik bungkus makanan," ujarnya.

Ketua DWP Fathia Teguh Pamudji menyatakan bahwa kunjungan ke Pondok Zidane ini untuk mendukung Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020. "Semoga kunjungan ini dapat mendorong semangat kita untuk terus berkontribusi demi Indonesia Bebas Sampah tahun 2020," tuturnya.

DWP yang hadir pada acara peringatan tersebut juga memberikan cinderamata kepada siswa, siswi, dan guru PAUD Taman BBAI, serta 5 sekolah lain yang ada di daerah Sawangan. (DKD)
Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi