Badan Geologi Paparkan 76 Rekomendasi Bidang Mineral, Batubara, dan Panas Bumi

Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), Badan Geologi memaparkan hasil kegiatan PSDMBP Tahun Anggaran 2016, hari ini (6/4) di Bandung. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi dan Kabupaten/Kota, perusahaan, akademisi, dan asosiasi profesi di lingkungan sektor ESDM.

Kinerja utama yang dicapai PSDMBP yaitu 24 rekomendasi wilayah kerja yang terdiri atas 10 rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) mineral, 10 rekomendasi WIUP batubara, 1 rekomendasi Wilayah Kerja (WK) gas metana batubara/CBM, dan 3 rekomendasi WK panas bumi. Selain itu juga ada 52 rekomendasi wilayah prospek yang terdiri atas 23 rekomendasi mineral, 13 rekomendasi batubara, bitumen padat, dan CBM, serta 16 rekomendasi panas bumi.

Rekomendasi tersebut bermanfaat untuk mengungkap potensi ESDM yang dapat dijadikan acuan dalam pelelangan wilayah kerja, sehingga dapat menjadi daya tarik investor. PSDMBP selalu berusaha meningkatkan status hasil kegiatan penyelidikannya, antara lain melalui survei rinci 3G (Geologi, Geokimia, Geofisika), pengeboran landaian suhu, pengeboran CBM dengan peningkatan potensi Deep Seated Coal, eksplorasi mineral dan batubara untuk peningkatan status sumber daya. Selain itu, acara ini juga menyajikan pameran berupa peta dan poster hasil kegiatan dan fasilitas yang dimiliki oleh PSDMBP. (JB/LM)