Capaian Reformasi Birokrasi

Capaian Reformasi Birokrasi Kementerian ESDM dalam rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

c-Capaian%20RB%20KESDM.png

Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ESDM yang terus meningkat dalam dua tahun terakhir, hal ini sekaligus mencerminkan semakin baiknya capaian tata kelola dan pelayanan publiknya.

Capaian Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ESDM mengalami peningkatan yang signifikan, pada tahun 2022 memperoleh nilai 79.76, tahun 2023 memperoleh nilai 82.25 dan pada tahun 2024 memperoleh nilai 85.80, sehingga menjadi kategori A (sangat baik).


Selain implementasi RB General, Kementerian ESDM juga melaksanakan pembangunan pada 5 fokus RB Tematik agar menghasilkan RB yang berdampak langsung kepada masyarakat dengan kegiatan yang konkret yaitu:


  1. Pengentasan kemiskinan berfokus pada peningkatan kesejahteraan rumah tangga tidak mampu, melalui penyediaan listrik dan subsidi listrik yang lebih tepat sasaran bagi rumah tangga miskin dan rentan serta terwujudnya akses energi bagi desa - desa yang masih gelap gulita di wilayah Papua dan Papua Barat melalui pemberian APDAL (Alat Penyalur Daya Listrik);
  2. Realiasi investasi berfokus pada terwujudnya perluasan akses dan keterjangkauan energi dan Terbangunnya PIG yang dapat di akses oleh masyarakat luas;
  3. Digitaliasi pemerintah fokus pada optimalnya MHEWS melalui pemanfaatan Sistem Informasi Kegeologian (MAGMA & PORTAL MBG);
  4. Pengendalian inflasi fokus pada Meningkatnya akses energi masyarakat dan terwujudnya penyalur BBM Satu Harga yang berkelanjutan;
  5. Dalam hal penggunaan produk dalam negeri fokus pada meningkatnya capaian TKDN pada proses pengadaaan barang dan jasa yang digunakan pada sektor ESDM.
Reformasi Birokrasi
Data tidak ditemukan