Duta Besar Prancis Kagumi Sistem Mitigasi Gunung Merapi BPPTKG

JOGYAKARTA - Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet menganggumi system mitigasi Gunung Api Merapi, yang dilakukan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) -PVMBG di Yogyakarta. Menurut Jean, sistem monitoring gunungapi yang sudah dibangun di PVMBG sudah sangat baik dan system ini telah membangun harmoni yang baik antara manusi adan alam.
"Saya sangat kagum dengan sistem mitigasi di Gunung Merapi ini. Masyarakat dapat tinggal di kawasan yang sangat bahaya namun dapat berharmoni bersama alam Merapi," Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet saat mengunjungi kantor BPPTKG-PVMBG di Yogyakarta. Kamis (4/5).

Saya lanjut Jean, baru pertama kali mengunjungi sebuah gunungapi apalagi dalam jarak dekat seperti ini (sekitar 6 km), karenanya saya baru mengenal betapa berbahayanya merapi dengan awan panas dan laharnya.

BPPTKG-PVMBG di Yogyakarta mendapat kehormatan dikunjungi oleh Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles BERTHONNET beserta istri didampingi oleh Atase Kebudayaan & Pendidikan Marc PITON, Atase Kerjasama Nicolas GASCOIN dan Kepala Institut Francais Indonesia Christine MOERMAN. Ikut dalam penyambutan ini adalah Francois BEADUCEL peneliti IRD Perancis yang ada di BPPTKG. Duta Besar menyempatkan diri berkunjung ke BPPTKG disela kesibukan seminar kerjasama pendidikan tinggi/universitas antara Indonesia-Perancis yang dipusatkan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Jean berharap kunjungan ini akan dapat meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini terkait dengan mitigasi bencana gunung berapi. "Menyadari resiko bencana erupsi terhadap masyarakat Indonesia dan warga Perancis yang tinggal di DIY saya berharap kerja sama ilmiah antara Indonesia dan Perancis melalui peneliti IRD (Institut Penelitian dan Pengembangan Perancis) yang bekerja di PVMBG semakin baik dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak," ungkap Jean.

Selain mengunjungi kantor BPPTKG, Duta Besar Perancis beserta Istri juga berkesempatan mengunjungi pos PGA Kaliurang untuk melihat Merapi dari dekat. (SF)