Jonan Terus Dorong Kegiatan Badan Geologi Lebih Bermanfaat untuk Masyarakat

Menteri ESDM Ignasius Jonan kembali memberikan pengarahan kepada Pejabat Fungsional Madya dan Utama serta Pejabat Struktural Badan Geologi pada Rabu (17/10/2018) di Auditorium Badan Geologi, Jl. Diponegoro No. 57 Bandung. Apresiasi diberikan Jonan kepada Badan Geologi yang telah memberikan kinerja terbaik selama 2 tahun terakhir ini, sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, seperti bantuan sumur bor air tanah di daerah sulit air, rekomendasi geologi untuk tata ruang dan pemberian rekomendasi mitigasi bencana kepada masyarakat.

Salah satu bukti keberhasilan diantaranya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi meraih penghargaan internasional sebagai "The 1st Volcano Surveillance and Crisis Management Award". Ini merupakan institusi vulkanologi pertama di dunia yang menerima penghargaan bergengsi dari IAVCEI atas prestasi dalam pemantauan dan penanganan krisis bencana gunung api.

"Badan Geologi harus fokus dalam membuat rencana kerja ke depan, sehingga hasil produknya bisa diaplikasikan dan bermanfaat langsung buat masyarakat", tegas Jonan. Apapun yang dikerjakan selain bermanfaat juga harus efektif dan efisien, sehingga masyarakat dapat merasakan langsung kehadiran serta manfaat dari keberadaan Badan Geologi. "Saya lebih suka tidak usah banyak-banyak, satu atau dua kegiatan saja tapi tuntas dan jelas hasilnya. Harus jelas dan manfaat hasilnya", urai Jonan.

Pesan khusus untuk Pusat Survei Geologi (PSG) meningkatkan kerjasama riset dengan perusahaan; contohnya bersama dengan perusahaan K3S di lingkungan SKK Migas untuk kegiatan eksplorasi migas. Sedangkan untuk Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), misalnya lebih mendorong pemanfaatan data eksplorasi panas bumi sehingga dapat memberikan kontribusi yang langsung digunakan datanya; misalnya saja join studi bersama PLN di Pulau Flores yang telah ditetapkan Menteri ESDM sebagai "Geothermal Island" sehingga menghasilkan listrik yang dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat, ujar Jonan.

Pesan penutup dari Menteri ESDM kepada jajaran Badan Geologi yang hadir adalah "Sebagai manusia memiliki ilmu, jadikanlah ilmu kita dapat bermanfaat untuk masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung".

Penyusun : Tim Humas Badan Geologi


Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center