Night at the Museum: Layanan Museum Geologi di Malam Hari

BANDUNG -- Bagi anda yang belum punya kesempatan berkunjung ke Museum Geologi karena kesibukan di siang hari, carilah waktu di malam hari dalam acara Night at the Museum. Acara yang rutin digelar pada malam hari sebulan sekali ini telah menjadi salah satu acara yang diminati masyarakat. Selain bisa berkeliling menyusuri ruang peragaan, para penunjung di Hall utama Museum, para pengunjung bisa menikmati berbagai suguhan acara seperti Talk Show Geologi Populer, bedah buku, pameran koleksi atau foto baru, pembacan lirik bumi, dan pagelaran musik sesuai tema acara. Museum Geologi mempunyai 4 ruang peragaan yakni dua ruang peragaan terdapat di di lantai 1 yaitu ruang Sejarah Kehidupan dan Geologi Indonesia, dua ruang peragaan berada di lantai 2 yaitu ruang Manfaat dan Bencana Geologi dan Sumber Daya Geologi.

Museum Geologi sebagai salah satu sumber informasi ilmu kebumian berusaha meningkatkan dan mengembangkan kualitas pelayanan. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan yang bertujuan meningkatkan wawasan, kepekaan, dan inspirasi masyarakat terhadap kondisi diri, alam dan lingkungan. Berdasarkan hal tersebut diatas maka Museum Geologi mengadakan kegiatan bulanan yang rutin "Night at The Museum" (Belajar Geologi di malam hari).

Salah satu tema yang pernah diangkat yakni "Cinta Alam" bertujuan untuk mengembalikan ingatan masyarakat mengenai ilmu kebumian dan menambah kecintaan masyarakat kepada alam melalui Museum Geologi. Dengan melibatkan anak usia dini membacakan puisi tentang alam diharapkan mereka mencintai bumi dan tumbuh keinginan untuk memeliharanya.

Salah satu penarik minat pengunjung datang di malam hari ke Museum Geologi adalah suguhan musik. Grup Musik denatur yang lahir di Badan Geologi ini beberapa kali tampil pada acara Night at the Museum. Musik memberikan inspirasi bagi pengunjung geologi untuk mengenal, menjaga, dan bertindak hingga akhirnya dapat mencintai alam dan bumi, melalui alunan musik yang merdu mendayu dengan harapan masyarakat dapat lebih mudah memahami pesan didalam lagu tersebut seperti lirik dalam Cintai Bumi.

Jumlah pengunjung ke Museum Geologi saat acara Night at Museum pada Sabtu, 25 Februari 2017 tercatat cukup banyak yaitu 1.326 orang, dengan kategori: pelajar 754 orang, umum 572 orang.

Berkaitan dengan hari Ulang Tahun Museum Geologi yang jatuh pada 16 Mei, Night at Museum edisi Mei ini akan diisi dengan Presentasi tentang Peran Museum Geologi bagi Masyarakat bersama narasumber Ma'mur Kepala seksi Edukasi dan Informasi Museum Geologi. Ma'mur akan memaparkan perjalanan Museum Geologi sejak jaman sebelum kemerdekaan hingga saat ini. Termasuk aset Museum Geologi yang tersebar di luar Kota Bandung. Untuk memeriahkan acara Night at Museum Mei ini, pengunjung akan mendapat suguhan alunan Lirik Bumi karya Priatna menampilkan 20 lagu kehidupan dan Alam.