Capaian Kinerja Badan Layanan Umum pada Badan Litbang Tahun 2018

Selasa, 26 Februari 2019 - Dibaca 3674 kali

Jakarta, (26/02) Menteri ESDM, Ignasius Jonan menyampaikan capaian Badan Layanan Umum (BLU) pada Kementerian ESDM dalam kesempatannya pada Rapat koordinasi Badan Layanan Umum Tahun 2019 yang digelar di Gedung Danaphala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.


Jonan menegaskan reformasi pola pengelolaan keuangan unit-unit pada Kementerian ESDM menjadi BLU bukan untuk mencari keuntungan, melainkan mengurangi belanja dari DIPA (Daftar Isian Pagu Anggaran). Dua unit kerja pada Kementerian ESDM yakni pada Badan Litbang ESDM dan BPSDM ESDM setelah menerapkan pola Pengelolaan Keuangan BLU, berhasil meningkatkan penerimaan Negara.


Secara umum, total penerimaan BLU KESDM pada tahun 2018 mencapai Rp 291,61 Milyar, meningkat 383,16% dari realisasi BLU pada Tahun 2017, terang Jonan.


Khusus BLU pada Badan Litbang ESDM yang terdiri atas empat BLU yakni BLU LEMIGAS, BLU tekMIRA, BLU P3TKEBTKE dan BLU PPGL, berhasil mencapai realisasi 99,4% target DIPA dengan realisasi penerimaan sejumlah Rp 139,02 Milyar pada Tahun 2018, meningkat 182,7 % dari Tahun 2017.


BLU pada Badan Litbang ESDM pada Tahun 2018 dapat memberikan kontribusi berupa 10 (sepuluh) Rekomendasi Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria. Tidak cukup sampai disitu saja, BLU pada Badan Litbang ESDM berhasil menyabet TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 dengan produk unggulan hasil litbang yaitu Tusina Baraseger, sebuah solusi hemat energi bagi Industri Kecil Menengah.


Penghargaan yang patut diapresiasi pada Tahun 2018 yakni BLU tekMIRA sukses menjadi Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan pengukuhan BLU LEMIGAS sebagai Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Dimetil Eter (DME).


BLU pada Badan Litbang ESDM pada Tahun 2018 juga berhasil menelurkan karya berupa 7 Peta Potensi Energi, 7 Usulan Paten HKI, 7 Pilot Plan/Prototype, dan 18 Implementasi Hasil Litbang.


Kedepannya BLU pada Badan Litbang ESDM, akan terus meningkatkan kinerjanya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.