Awal Tahun, Menteri ESDM Berikan Pengarahan Untuk Ciptakan Tim Yang Solid

JAKARTA - Menteri ESDM, Ignasius Jonan memberikan pengarahan kepada Pejabat Pimpinan Tinggi, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional, Widyaiswara/Peneliti/Perekayasa/Penyelidik Bumi Utama dan Madya, Pejabat Fungsional Dosen di lingkungan BPSDM ESDM, Balitbang ESDM dan Setjen DEN, Jumat (4/1).

Jonan menegaskan sebagai pemimpin tidak boleh hanya memikirkan dirinya sendiri. Seperti kata Napoleon Bonaparte, "If you build an army of 100 lions and their leader is a dog, in any fight, the lions will die like a dog. But if you build an army of 100 dogs and their leader is a lion, all dogs will fight like a lion." Seperti apa sebuah pasukan atau organisasi ditentukan oleh pemimpinnya. Oleh karena itu seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh bagi anak buahnya.

"Anda sebagai pemimpin harus mengenal orang yang kita pimpin, kalau nggak kenal ya buat apa,"ujarnya. Sebagai pemimpin, Jonan berpesan untuk lebih banyak memikirkan orang yang dipimpin, bukan hanya dirinya sendiri.

Untuk melihat sebuah organisasi yang dipimpin berjalan dengan baik, bisa dinilai melalui capaian kinerja. Kepala BPSDM ESDM dan Kepala Balitbang ESDM menjelaskan capaian kinerja yang telah dilakukan selama 2018. Pendapatan BLU BPSDM ESDM sebesar Rp 138,34 M telah melampaui target Kementerian Keuangan yaitu Rp. 119,80 M. Peserta diklat pun mengalami peningkatan sebesar 80,82% . Capaian lain yang diraih oleh BPSDM ESDM yaitu akan dibukanya Politeknik Energi dan Pertambangan di Bandung dan Jakarta, Pembangunan Karakter dan Kepemimpinan oleh Marinir dan Kopassus, Program Magang Industri, Peningkatan Sertifikasi Industri, Optimalisasi Asset, Peningkatan pelayanan dan perolehan penghargaan.

Last but not least, Jonan mengungkapkan orang yang selalu menjadi kritikus itu tidak akan pernah menjadi pemimpin yg baik. "Semoga setelah ini tim akan menjadi lebih baik kedepan," pungkasnya. (rwp/ds)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center