BPSDM Siapkan SDM Bidang Migas Kawasan Indonesia Timur

AMBON - Industri migas adalah industri dengan risiko tinggi karena melibatkan dana besar dan teknologi tinggi dengan tingkat kegagalan yang tinggi. Untuk meminimalisir potensi resiko kerugian dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk memenuhi kebutuhan SDM kompeten dibidang migas dan meningkatkan peran serta masyarakat lokal di wilayah timur Indonesia, Kementerian ESDM melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ESDM) bekerjasama dengan Australia Awards mengadakan pelatihan Occupational Health and Safety (OHS) in Gas Industry.

Program pelatihan ini merupakan salah satu program Kementerian ESDM dalam penyiapan SDM bidang Migas untuk mengembangkan Blok Migas Masela, sedangkan secara jangka panjang program ini bertujuan untuk menyiapkan Universitas Pattimura sebagai pusat pengembangan SDM bidang migas di kawasan Indonesia Timur. Program ini juga adalah lanjutan program pelatihan dan On the Job Training pengenalan industri minyak dan gas bumi bagi dosen Universitas Patimura yang telah dilaksanakan selama 3 bulan pada tahun 2016 yang lalu.

Program Diklat OHS in Gas Industry, dilaksanakan secara berseri yaitu pada tanggal 26 Februari sampai 23 Maret 2017, dilaksanakan di PPSDM Migas Cepu. Selanjutnya pada tanggal 24 Maret - 9 April 2017, dilaksanakan di Australia dan rangkaian terakhir yaitu final presentation dilaksanakan di Ambon pada tanggal 17 sampai dengan 19 Juli 2017. Program diklat ini diikuti oleh sebanyak 25 orang, yang merupakan hasil seleksi dari 50 orang calon peserta yang disampaikan oleh berbagai Universitas di kawasan Indonesia Timur.

Kepala BPSDM ESDM yang diwakili oleh Henk Subekti, mengucapkan terima kasih kepada Australia Awards atas terlaksananya program ini dan kedepannya BPSDM ESDM akan terus mengembangkan SDM bidang ESDM di kawasan Indonesia Timur. "Atas nama BPSDM ESDM, Kementerian ESDM kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas terlaksananya program kerjasama ini, semoga dapat berlanjut dengan program lanjutan untuk menyiapkan SDM bidang migas yang berkompeten", ujar Henk Subekti

Dimasa yang akan datang BPSDM ESDM akan terus melakukan program-program pelatihan untuk mengembangkan SDM bidang migas di kawasan timur Indonesia (17/7). (NW)

Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi