Dies Natalis Ke-52 PEM Akamigas : Menuju Politeknik Terbaik Nasional

CEPU - Tanggal 24 Oktober 1966 merupakan tanggal didirikannya AMGB (Akademi Minyak dan Gas Bumi), cikal bakal Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PTK Akamigas). Kini, ditanggal yang sama tahun 2018 PEM Akamigas merayakan Dies Natalisnya yang ke-52 dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

Dimulai pada bulan September 2018 dengan Kompetisi Derrick 2018, kemudian Akamigas Olympic (APIC) yang mempertandingkan berbagai cabang olah raga, bakti sosial, seminar, FGD, jalan sehat, donor darah hingga konser budaya.

Puncak acara dies natalis ini adalah Sidang Terbuka Dies Natalis Ke-52 PEM Akamigas yang dilaksanakan di Grha Oktana (24/10). Dengan di tandai pemasangan giring-giring sebagai lambang penambahan usia PEM Akamigas ke-52 tahun.

Direktur PEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc. menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk penerimaan mahasiswa baru, jumlah pendaftar di PEM Akamigas terus meningkat. Karena daya tampung yang relatif tetap, dengan meningkatnya jumlah peminat, meningkat pula tingkat keketatan seleksi masuk PEM Akamigas.

Saat ini program studi yang ada di PEM Akamigas masih terakreditasi B. Untuk itu diperlukan kerja keras dari semua pihak untuk dapat meningkatkan akreditasi menjadi A. Mulai dari ketersediaan dan perimbangan dosen (khususnya kualifikasi S3) dengan jumlah mahasiswa serta manajemen pengelolaan program studi hingga sarana prasarana pendukung.

Pada tahun 2018 ini, PEM Akamigas berfokus pada pola pembelajaran full day school. Dalam rangka mendukung pola pembelajaran tersebut telah dilakukan perbaikan sarana pendukung pembelajaran dengan membangun wahana mandiri bagi mahasiswa di dalam kampus dengan menyiapkan taman pembelajaran serta dilengkapi dengan fasilitas akses komunikasi melalui jaringan internet. Untuk itu terus dilakukan pengembangan jaringan teknologi informasi.

Perry juga menambahkan bahwa pembangunan fisik juga terus dilaksanakan kedepan demi peningkatan sarana dan prasarana pendidikan antara lain pembangunan jembatan layang sebagai penghubung kampus PEM Akamigas serta asrama mahasiswa Vyatra. Juga pembangunan wisma dosen yang diharapkan pada tahun 2019 sudah dapat digunakan.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan peluncuran Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) elektronik bekerja sama dengan BNI Cepu, yang secara simbolis diserahkan oleh Direktur PEM Akamigas kepada perwakilan mahasiswa Fikri (REF 1) dan Khanza (PDN 1) dengan disaksikan oleh Pimpinan Cabang BNI Cepu, Husni Imawan Junaidi. Bukan itu saja, PEM Akamigas juga memberikan penghargaan "Anugerah Vyatra Bala Pratama" kepada Pemerintah Kabupaten Aru, sebagai mitra kerja yang memberikan beasiswa lebih dari seratus beasiswa. Pengahargaan kedua "Anugerah Vyatra Wiyata Pratama"diberikan kepada Ir. Woro Rukmi Hatiningrum, M.Sc., sebagaii pendidik/dosen berprestasi tingkat awal. Berikutnya adalah "Anugerah Vyatra Narakarya Pratama"diberikan kepada Kurniawan Saputra. S.S.T., sebagai tenaga kependidikan berprestasi tingkat awal. Dan "Anugerah Vyatra Prakarsa Pratama" yang diberikan kepada Rizky Budi Awan, mahasiswa berprestasi dan membawa harum nama PEM Akamigas dan BPSDM ESDM dalam rangka Hari Pertambangan Nasional.

Selain itu juga ada orasi ilmiah oleh Ria Kartika, Kepala Bagian Corrosion and Integrity Exxon Mobil dengan tema "Corrosion in Oil and Gas Industry", dan orasi ilmiah oleh Desta Andra Djumena, Kepala Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur SKKMigas dengan tema "Road To Giant Discoveries".

Tidak lupa penampilan khusus dari gabungan UKM Seni PEM Akamigas yang terdiri dari karawitan, paduan suara, musik dan marching band turut memeriahkan acara tahunan ini. (drm/rwp)


Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center