HUT Pertambangan dan Energi ke 73, Ibu Menteri Gelar Sosialisasi dan Vaksin Difteri

Hari ini (4/9), Ibu Menteri KESDM, Ratnawati Jonan dengan Kelapa Balitbang ESDM serta jajarannya dan BPSDM ESDM yang berpartisipasi menggelar Sosialisasi mengenai difteri kepada masyarakat dan juga memberikan Vaksin Difteri gratis. Aksi bakti sosial tersebut juga dalam rangka memeriahkan HUT Pertambangan dan Energi ke 73.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Negara yang memiliki iklim tropis dikatakan memiliki tingkat penyebaran virus yang sangat tinggi. Baru-baru ini masyarakat Indonesia digemparkan oleh kasus difteri yang menyerang sebagian masyarakat Indonesia.

Difteri merupakan penyakit dengan tingkat penularan tinggi yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. World Health Organization (WHO), tercatat ada 7.097 kasus difteri yang dilaporkan di seluruh dunia pada tahun 2016. Di antara angka tersebut, Indonesia turut menyumbang 342 kasus. Sejak tahun 2011, kejadian luar biasa (KLB) untuk kasus difteri menjadi masalah di Indonesia. Tercatat 3.353 kasus difteri dilaporkan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 dan angka ini menempatkan Indonesia menjadi urutan ke-2 setelah India dengan jumlah kasus difteri terbanyak. Dari 3.353 orang yang menderita difteri, dan 110 di antaranya meninggal dunia. Hampir 90% dari orang yang terinfeksi, tidak memiliki riwayat imunisasi difteri yang lengkap. DIfteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri tersebut sangat mudah berkembang di iklim tropis, seperti Indonesia.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat bisa lebih sadar tentang penyakit Difteri dan cara pencegahannya serta penanganan yang tepat. (ind)

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center