Inspektur Jenderal KESDM, “Dalam komunitas millennial itu leadernya tidak bersifat birokratis”

Agenda khusus 1DWE (1 Day With Experts) PEM Akamigas kali ini (11/3) menghadirkan Inspektur Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Prof. Akhmad Syakhroza, CA, CRGP, Ph.D yang juga seorang Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Dihadapan peserta 1DWE yang lebih dari 400 orang ini, Akhmad Syakhroza mengupas "Integritas menuju Good Governance: Mentalitas Mahasiswa untuk Memasuki Dunia Kerja". Banyak hal menarik yang disampaikan oleh Syakhroza dalam materinya terutama adalah tentang mahasiswa yang bisa dikatakan sebagai generasi millennials, memiliki tingkat kepercayaan tinggi dan gaya bicara yang ceplas ceplos.

Hampir segala hal yang menunjang kehidupan manusia saat ini telah berubah dari manual menjadi digital. Syahroza mencontohkan dengan kendaraan umum. "Di Jakarta skarang ini sudah susah mencari taksi. Di mana kita harus ke jalan menyetop taksi yang lewat. Sekarang sudah digantikan dengan taksi on line. Cukup dengan duduk santai, tekan tombol HP, tunggu beberapa menit, taksi sudah sampai di depan kita."

Contoh lain yang disampaikan Syahroza adalah belanja on line. Tidak perlu keluar rumah, tidak perlu berpanas-panas, berhujan-hujan, duduk santai tekan aplikasi HP......makanan datang.

Dari satu sisi akan banyak kemudahan yang kita peroleh. Di sisi lain, akan dibutuhkan banyak usaha untuk mencapai kemudahan-kemudahan itu. Dan untuk perusahaan yang ingin bertahan di era millennial ini harus memperhatikan 3 hal, yang pertama adalah harus memahami bahwa di komunitas millennial itu leadernya tidak bersifat birokratis lagi. Yang kedua adalah mempersiapkan diri untuk masuk ke komunitas millennial di tempat kerja. Dan yang ketiga adalah memahami bagaimana karakteristik pekerja millennial.

Sangat tepat bahwa Akhmad Syakhroza mengangkat tema ini dalam kuliah umumnya, karena oleh Direktur PEM Akamigas R.Y. Perry Burhan, pada kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dan pencanangan pembangunan zona integritas Politeknik Energi dan Mineral Akamigas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM ini ditandai dengan penandatanganan piagam deklarasi oleh Direktur PEM Akamigas disaksikan oleh Inspektur Jenderal KESDM. Diikuti oleh seluruh civitas akademika PEM Akamigas. (drm)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center