Kepala BPSDM ESDM Ingatkan Empat Filosofi Sektor Energi

Kepala BPSDM ESDM Ingatkan Empat Filosofi Sektor Energi

"Apa issue nasional saat ini?", demikian pertanyaan awal yang diajukan oleh IGN Wiratmaja Puja, Kepala BPSDM ESDM kepada mahasiswa Program Studi Logistik Minyak dan Gas tingkat I hingga IV di Gedung PEM Akamigas (20/9).

Dengan mengangkat tema "Industri Migas di Indonesia", Wirat berkata bahwa, mahasiswa PEM Akamigas harus tahu perkembangan dan isue-issue nasional yang saat ini sedang marak di dunia migas. Tugas mahasiswa PEM Akamigas bukan hanya belajar, tetapi juga harus tahu dunia di luar kampus, mengikuti berita yang berkembang seputar energi dan mineral.

"Untuk menjadi negara besar, ada 3 (tiga) hal yang harus dikuasai. Pangan, energi dan air. Untuk pangan, saat ini kita adalah importir terigu terbesar di dunia, padalah kita adalah negara agraris. Tapi tugas Anda di logistik adalah terkait dengan energi. Karena Anda kuliah di PEM Akamigas. Anda tentunya sudah tahu bahwa energi memiliki 4 (empat) filosofi, availability, accessibility, affordability dan sustainability. Khusus untuk Indonesia, ditambah simplicity."

"Mengapa demikian. Energi harus selalu ada, mudah didapat, terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan berkelanjutan. Khusus untuk Indonesia ditambah 1 (satu) yakni simple/sederhana atau lebih mudahnya menghilangkan prinsip kalo bisa dipersulit, kenapa dipermudah."

"Anak muda harus memikirkan bangsa. Jangan mempertajam perbedaan, karena sebagai negara besar, perbedaan itu indah." Demikian kurang lebih pesan yang disampaikan oleh Wirat kepada mahasiswa logistik minyak dan gas PEM Akamigas saat itu.

Kesempatan berharga belajar dari sang ahli ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa karena apa yang didapat dari pengalaman, bisa saja berbeda dengan apa yang dipelajari dari di bangku kuliah.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Rachman Setiawan (Wakil Direktur III), Indah Survyana (Kepala Subbagian Administrasi Akademik), Andian (Ketua Program Studi Logistik Migas) dan para dosen pengajar di prodi Logistik Migas. (drm)


Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center