Koeshartanto (Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pertamina (Persero), “PEM Akamigas…..Are You Ready…!!!”

Mengawali kegiatan belajar mengajar di Tahun Akademik 2019/2020 ini PEM Akamigas berkesempatan menghadirkan Koeshartanto, Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pertamina (Persero) untuk menyampaikan kuliah umum dalam LEAP (Learning with Executives and Professionals), dengan mengusung tema "Transformasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sub Sektor Minyak dan Gas Bumi di PT. Pertamina (Persero)".

Dibuka oleh Wakil Direktur II Ayende di Grha Oktana PEM Akamigas (12/8), "Kesempatan langka ini jangan kita sia-siakan. Satu kehormatan bagi sivitas akademika bahwa Pak Koeshartanto ini mau berbagai pemikiran-pemikiannya tentang sektor energi. Anda bisa dengarkan, pelajari, camkan benar-benar apa yang akan dibagi pada hari ini, karena di masa datang mungkin akan sangat berguna."

Koeshartanto membuka materi kuliahnya dengan sangat meriah, guna menggugah mahasiswa agar tidak mengantuk, fokus, dan konsentrasi selama penyampaian materi, karena menurutnya waktu yang dipilih untuk kuliah umum ini adalah waktu yang "berat".

"PEM Akamigas........ARE YOU READY...!!!" lontaran salam pembuka Pak Koes sapaan akrabnya yang disambut heboh oleh seluruh mahasiswa dengan teriakan "I'AM READY...!!!".

Suasana meriah terus berlanjut hingga akhir kegiatan LEAP. Dengan membagi materinya ke dalam beberapa sub diantaranya Global Disruption and Challenges, Tantangan dan Dinamika Pertamina, Human Capital Strategic House, Program Pengembangan SDM Pertamina, dan Wisdom Of The Day.

Koeshartanto menyampaikan bahwa dalam industri haruslah memperhatikan tantangan dan hambatan global yang ada seperti Generation Gap Disruption yang memiliki perbedaan sikap, tingkah laku, persepsi, budaya, bahasa, prioritas, dan norma sosial antar generasi. Juga dalam Global Trends Analysis Toward Energy Sector terdapat 6 jenis global trends yang mempengaruhi, yaitu Decarbonization, Customerization, Electrification, Decentralization, Digitalization, dan Integration.

Sesi tanya jawabpun dimanfaatkan bagi mahasiswa, dengan memberikan pertanyaan yang mengarah pada prospek kerja. (drm)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center