Memanfaatkan Teknologi Pesawat Drone Dalam Pembuatan Peta Kemajuan Tambang

Mewakili Kepala PPSDM Geominerba , Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana SDM dan Informasi, Denny Lumban Raja membuka Diklat Pemetaan Kemajuan Tambang dengan Menggunakan Teknologi Pesawat Drone Angkatan II, pagi tadi (26/8), di Gedung Diklat PPSDM Geominerba, Bandung.

Diklat ini akan berlangsung selama 5 hari (26-30 Agustus 2019), yang meliputi teori di kelas dan praktik lapangan di Kampus Lapangan Cipatat yang akan diberikan kepada seluruh peserta secara optimal.

Pengajar yang akan memberikan materi tak hanya dari PPSDM Geominerba, tetapi juga dari Universitas Islam Bandung dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Sebanyak 14 orang peserta akan mendapatkan materi yang meliputi prinsip-prinsip Forogrametry, Pengenalan Peralatan UAV, Setting Konfigurasi Peralatan Lunak UAV, Penentuan dan Perencanaan Ground Control Point (GCP) dengan GPS Geodetik, Praktik Pengoperasian UAV/Drone, Praktik Pengambilan Data UAV/Drone, Pengolahan Data Lapangan UAV/Drone dan Regulasi Penggunaan Drone.

Selama diklat berlangsung, diharapkan para peserta mampu menguasai pembuatan peta kemajuan tambang dengan berdasarkan citra hasil pemotretan menggunakan teknologi pesawat tak berawak (drone).

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center