Menteri ESDM : ASN Harus Cepat, Cermat dan Produktif

JAKARTA - One Hour University kembali hadir, kali ini Menteri ESDM, Arifin Tasrif menjadi narasumber menyampaikan tema Mengembangkan SDM ESDM yang cepat, cermat dan produktif, di Gedung Sarulla KESDM, Kamis (27/2).

"Disingkat Cecep, kita di Kementerian ESDM harus cepat, eksis dan jangan sampai ketinggalan," ujar Arifin mengawali sesi. Ia menyarankan agar pegawai mampu melakukan riset secara mendalam dan menghasilkan penelitian yang bisa memberikan manfaat kepada instansi maupun masyarakat.

Memiliki ribuan ASN, Kementerian ESDM harus mampu mengelola teamwork dan sistem dengan baik. "Semua aturan harus dibaca, begitu pun aturan Undang-Undang harus dikuasai. Dalam mengolah data, keahlian menghitung juga diperlukan," jelasnya.

Setiap tugas yang dilakukan pegawai harus melalui pengecekan dari atasan. Pegawai harus bisa menjadi orang yang produktif, cermat dan akurat untuk selalu bisa diandalkan. Teamwork antar bagian dan Ditjen juga harus dioptimalkan dan berjalan harmonis. Terutama karena lokasi Kementerian ESDM tidak berada dalam satu wilayah walaupun di kota yang sama, bahkan beberapa ada di luar kota Jakarta. "Kebijakan yang dibuat sebaiknya membuat daerah penghasil sumber daya juga menikmati hasilnya sehingga tidak ada ketimpangan pendapatan," paparnya.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh ASN Kementerian ESDM untuk terus berkarya dan semangat membuat perubahan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. (rwp)