Optimalkan Putera Daerah, BPSDM ESDM Rencanakan Bangun Politeknik di Kalimantan Timur

Samarinda - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) cq Politeknik Energi Mineral Akamigas (PEM Akamigas) mengadakan Focus Group Discussion Pendirian Politeknik Energi dan Pertambangan di Kalimantan Timur (25/5/2018).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak , para perusahaan bidang migas dan pertambangan batubara di Kalimantan Timur, Bupati/Walikota se-Kalimantan Timur, Perguruan Tinggi dan Pemprov Kalimantan Timur, perwakilan SMA/SMK di Kaltim.

Dalam sambutannya Kepala BPSDM ESDM menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Presiden, pembangunan Sumber Daya Manusia yang professional adalah hal utama di tahun 2019. Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian ESDM melalui BPSDM ESDM juga memiliki cita-cita untuk membangun 15 politeknik yang tesebar di seluruh Indonesia. Sebagai langkah awal, Politeknik Energi dan Pertambangan di Kalimantan Timur akan dibangun. "Terima kasih atas dukungan Bapak Gubernur untuk penyediaan lahan, pembangunan gedung dan fasilitas," ujar Kepala BPSDM ESDM.

Kalimantan Timur merupakan penghasil gas terbesar di Indonesia sehingga menjadi salah satu alasan dibangunnya politeknik energi agar dapat membangun sumber daya manusia di daerah tersebut. Dengan peningkatan pendidikan SDM disekitar daerah penghasil gas, diharapkan kesejahteraan juga akan meningkat. "Mohon dukungan dari semua pihak untuk pendirian politeknik ini fasilitas, pengajar maupun beasiswa dari perusahaan migas dan batubara," jelasnya.

"Pemprov mendukung seluruhnya pembangunan politeknik, kepada seluruh undangan yang hadir keluarkanlah seluruh pikiran untuk pembangunan politeknik ini" pesan Gubernur Kaltim dalam sambutannya.

Gubernur Kaltim juga menyampaikan bahwa rencananya menjadwalkan groundbreaking pendirian bangunan PEP pada tanggal 25 Juni 2018. Target tahun 2018 sudah dapat dilakukan pembangunan gedung perkuliahan melalui bantuan pendanaan perusahaan pertambangan dan migas di kaltim. Perlu percepatan proses perizinan di kemristekdikti agar target pembukaan kelas baru terlaksana pada tahun 2018. PEM Akamigas yang ada di Cepu, Jawa Tengah akan menjadi perguruan tinggi pembina pendirian PEP kaltim. (ds)


Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center