Pengusaha Tambang Wajib Paham Sistem Ini!

Bandung - PPSDM Geominerba bersama Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, menyelenggarakan bimtek yang sangat penting untuk mengembangkan usaha pertambangan. Adalah Bimbingan Teknis Minerba Online Monitoring System (MOMS) Terintegrasi Modul Verifikasi Penjualan (MVP) pada Pertambangan Mineral dan Batubara.

Pembukaan bimtek ini dilakukan oleh Imelda Hutabarat, Widyaiswara PPSDM Geominerba dan salah satu pengajar dari Ditjen Minerba, Achmed Arrofah, Kamis (30/1) pagi. Bukan di Gedung PPSDM Geominerba, Bimtek MOMS MVP digelar di Hotel Swiss Bel Resort Dago Heritage, Bandung.

Tak hanya penjelasan singkat, 24 peserta bimtek akan mendapat bimbingan praktik secara langsung selama kegiatan, yang berlangsung selama dua hari (30-31 Januari). Pasalnya, guna menguasai penggunaan sistem ini, peserta harus menguasai teori sekaligus praktiknya.

Mineral Online Monitoring System (MOMS) merupakan sistem yang dibuat untuk memudahkan pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi, serta penjualan komoditas mineral dan batubara. Jauh lebih efisien ketimbang kondisi terdahulu di mana pelaporan, evaluasi, atau rekapitulasi dilakukan secara manual.

Sementara Modul Verifikasi Penjualan (MVP) merupakan sistem yang efisien untuk mengawasi kegiatan penjualan mineral dan batubara. Sistem ini mencakup seluruh tahapan berjenjang mulai dari hulu sampai hilir.

Mempertimbangkan materi pembelajarannya, para pelaku usaha di bidang pertambangan mineral dan batubara sangat wajib mengetahui sistem ini. Dengan menguasai sistem pengawasan ini, tujuan peningkatan data yang akurat dan update pun bisa terwujud. Selain itu, tentu akan memudahkan pengendalian dan pengawasan pada operasi produksi, pemasaran, dan penjualan komoditas mineral dan batubara berdasarkan target yang ditentukan.