PPSDM KEBTKE Gelar Program Diklat PLTS

Jakarta - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM saat ini telah menyiapkan program pendidikan dan pelatihan unggulan berbasis kompetensi.

Tujuannya agar menghasilkan SDM yang berdaya saing tinggi, profesional, dan memiliki kompetensi di bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi untuk memenuhi kebutuhan pegawai aparatur, industri, dan masyarakat.

Salah satu program pendidikan dan pelatihan yaitu Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibagi ke dalam 10 program Diklat PLTS, di antaranya sebagai berikut:

1. Diklat Teknis Perencanaan dan Pembangunan PLTS Terpusat bertujuan untuk dapat melakukan teknik-teknik perencanaan dan praktik pembangunan PLTS Terpusat terdiri dari sistem, perencanaan PLTS Terpusat, perencanaan pengadaan, pembangunan dan pengujian, serta kelembagaan dan pengelolaan PLTS Terpusat.

2. Diklat Teknis Pemasangan dan Pemeliharaan Sollar Home System (SHS) bertujuan untuk dapat melakukan teknik-teknik pemasangan dan pemeliharaan SHS. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menjelaskan sistem, teknik pemasangan, pemeliharaan, serta mampu melakukan praktik SHS dan pemeliharaan hasil praktik.

3. Diklat Teknis Inspeksi PLTS Terpusat bertujuan untuk dapat melakukan teknik-teknik Inspeksi PLTS Terpusat. Setelah mengikuti diklat, peserta mengerti dan mampu menjelaskan sistem komponen PTLS, inspeksi fisik individual instalasi energi surya/sollar cell, pelaksanaan/pengujian individual instalasi energi surya, performance test instalasi energi surya (melaksanakan lini charging/pengetesan awal), test protection, serta melaksanakan praktik dan presentasi inspeksi PLTS.

4. Diklat Teknis Evaluasi Perencanaan PLTS Terpusat bertujuan untuk dapat melakukan evaluasi dokumen perencanaan PLTS Terpusat. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menjelaskan regulasi pengembangan PLTS di Indonesia, evaluasi lokasi, sistem dan komponen PLTS Terpusat, perencanaan PLTS Terpusat, rencana anggaran belanja (RAB), kesiapan pengelolaan dan lingkungan, serta mampu melakukan praktik pembuatan dokumen perencanaan.

5. Diklat Teknis Pengoperasian, Pemeliharaan dan Pengelolaan PLTS Terpusat bertujuan untuk dapat mengoperasikan, pemeliharaan, dan pengelolaan PLTS Terpusat. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menjelaskan dan mempraktekan sistem, peralatan dan komponen, parameter operasional, pengoperasioan peralatan, pemeliharaan, dan pengelolaan PLTS Terpusat.


6. Diklat Teknik Pemasangan On Grid bertujuan untuk dapat melakukan perancangan, konstruksi dan pengujian PLTS. Setelah mengikuti diklat peserta mampu menjelaskan regulasi dan prospek pengembangan PLTS, sel fotovoltaik dan komponen PLTS on grid, perancangan PLTS, konstruksi dan pengujian PLTS, serta mampu melakukan praktik pemeriksaan dan pengujian PLTS.

7. Diklat Teknik Pemeliharaan dan pengelolaan PLTS bertujuan untuk dapat melakukan teknik-teknik pemeliharaan dan pengelolaan PLTS. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menjelaskan regulasi pembangkit EBT, pengenalan, sistem, pemeliharaan PLTS I, pemeliharaan PLTS II, pengelolaan, sistem pelaporan, serta mampu melakukan praktik dan presentasi kelompok.

8. Diklat Teknis Pengoperasian PLTS bertujuan untuk dapat memiliki kompetensi di bidang pengoperasian unit pembangkit listrik PLTS Off Grid sesuai Standar Operasional Prosedur. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menerapkan proses dan pelaksanaan pengoperasian unit PLTS.

9. Diklat Teknis Uji Laik Operasi PLTS bertujuan untuk dapat melaksanakan pemeriksaan dan pengujian laik operasi untuk PLTS sesuai prosedur dan standar yang berlaku. Setelah mengikuti diklat, peserta mampu menjelaskan landasan hukum, pemeriksaan, evaluasi dan pengujian, serta mampu melaksanakan praktik pemeriksaan dan praktik evaluasi dan pengujian.

10. Diklat Teknis Penyusunan Studi Kelayakan PLTS Terpusat bertujuan untuk dapat menyusun studi kelayakan PLTS Terpusat. Setelah mengikuti diklat, peserta mengerti dan mampu menjelaskan regulasi pengembangan PLTS di Indonesia, tinjauan lokasi PLTS Terpusat, komponen PLTS Tepusat, aspek kelayakan dan rancangan serta mampu melakukan praktik penyusunan studi kelayakan PLTS.

PPSDM KEBTKE memiliki sarana dan prasarana yang sangat representatif, lengkap, dan nyaman sebagai penunjang dan pelengkap diklat. Selain itu, didukung oleh tenaga pengajar atau widyaiswara yang profesional, kompeten, dan berpengalaman berasal dari internal dan eksternal PPSDM KEBTKE.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Kantor PPSDM KEBTKE di Jalan Poncol Raya No. 39, Ciracas, Jakarta Timur, telepon (021) 872 9101 s.d. 06, faks (021) 872 9109, email informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id, atau dapat melalui situs www.ppsdmkebtke.esdm.go.id.

Kepala Pusat Pengembangan SDM KEBTKE Umi Asngadah.


Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi