Puasa Tidak Mengurangi Semangat Mengikuti Diklat

Bandung - Hari pertama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, Kepala Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM, Ade Hidayat berkesempatan membuka Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Utama (POU) pada Pertambangan Angkatan I Tahun 2019, pagi tadi (6/5/2019), di Gedung Diklat PPSDM Geominerba.

"Kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, mudah-mudahan hari pertama menjalani puasa tidak mengurangi semangat untuk mengikuti diklat. Ini pertama kali dalam sejarah kami melaksanakan diklat, hari pertama puasa, hari pertama ada diklat. Biasanya kami libur." Ujarnya.

Salah satu julukan lain yang sering diberikan kepada bulan ramdan adalah 'bulan pendidikan' atau dalam bahasa arab disebut sebagai 'syahrul at tarbiyah', karena ternyata dalam satu bulan dalam satu tahun, disediakan bulan sebagai wahana training atau pelatihan bagi ummat Muslim guna menghadapi berbagai cobaan dan godaan kehidupan dan penghidupan.

"Maka dari itu kita bersyukur, selain pendidikan diri kita untuk umat muslim, juga menimba ilmu dalam rangka mengikuti Pendidikan dan Pelatihan POU", sambutnya menambahkan.

Pembukaan Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Utama (POU) pada Pertambangan Angkatan I ini bertujuan untuk memenuhi kompetensi bagi pengawas operaional utama (Top Management) yang bertugas membawahi Pengawas Operasional Madya (Middle Management) pada industri pertambangan.

Diklat ini diikuti oleh 16 orang peserta dari berbagai perusahaan tambang di Indonesia, dengan pembekalan materi berlangsung selama empat hari (6-9 Mei 2019) dan ujian kompetensi berupa lisan dan tulisan selama dua hari (10-11 Mei 2019).

Para peserta akan menerima materi pelatihan terkait Pengelolaan Pertambangan Minerba, Pengelolaan Lingkungan Pertambangan, Pelaksanaan Tugas dan Tanggungjawab sebagai POU, dan Pengelolaan Standardisasi Pertambangan Minerba.

Selain itu juga peserta akan mendapatkan materi Pengelolaan Kegiatan Usaha Jasa Pertambangan Minerba, Pengelolaan Konservasi Minerba, dan Pengevaluasian Penerapan Kaidah Teknis Pertambangan Minerba. (IR)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center