Public Speaking Bukan Sekedar Bicara

PPSDM Aparatur BPSDM ESDM yang concern pada keterampilan public speaking para aparatur KESDM menggelar kegiatan bimtek 'Excellent Public Speaking Skills' selama dua hari (30-31 Januari) di Hotel Aston, Pasteur, Bandung. Kegiatan diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai satker di lingkungan KESDM. Kegiatan bimtek ini bekerja sama dengan Talk Inc di bawah pimpinan Becki Tumewu.

Kabid Pengembangan SDM Aparatur yang mewakili Kepala PPSDMA, Indra Lubis, menjelaskan keterampilan public speaking mutlak dimiliki para pemimpin dan harus dilatih secara serius. 'Setiap pemimpin harus memiliki keterampilan berbicara di muka umum dengan baik dan untuk memperolehnya itu tentu harus dilatih dengan serius,' ungkapnya.

Pria asli Medan ini juga menambahkan kemampuan public speaking membutuhkan keterampilan khusus agar memberikan dampak yang kuat kepada para pendengar. ' Untuk memberikan dampak yang kuat kepada pendengar dibutuhkan keterampilan khusus dan teknik tertentu dan tidak bisa asal-asalan' imbuhnya.

Ia juga menambahkan para peserta dapat menemukan potensi diri, mengembangkan pola pikir positif dan berkomunikasi dengan percaya diri.

'Kami berharap kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan potensi diri, mengembangkan pola pikir positif dan berkomunikasi dengan percaya diri bapak ibu semuanya' ujarnya.

Sementara itu, Rini Alfiyanti dari Inspektorat Jenderal KESDM memberikan apresiasi yang tinggi dengan kegiatan bimtek ini dan menyatakan kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh para pejabat struktural. 'Saya sangat mengapresiasi kegiatan bimtek public speaking oleh PPSDMA ini dan memang keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh para pejabat struktural dalam membantu mengkomunikasikan segala hal kepada bawahannya,' ujarnya.

Kegiatan bimtek public speaking diisi oleh Shahnaz Haq dan Wahyu Wiwoho dari Talk Inc dan kurikulumnya mencakup: boosting confidence, understanding people and professional positioning, excellent public speaking dan individual presentation. (DA)