Serah Terima Museum Geopark Batur

JAKARTA - Serah terima Museum Geopark Batur dilakukan oleh Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar kepada Kepala BPSDM ESDM, IGN Wiratmaja Puja dan disaksikan oleh Para Pejabat Tinggi Pratama kedua belah pihak, Senin (3/12) di Gedung Heritage, KESDM, Jakarta.

Penyerahan ini dilakukan agar lebih optimal dalam pengelolaannya, Museum Geopark Batur diserahkan dari Badan Geologi kepada Badan Pengembangan SDM ESDM cq PPSDM Geominerba melalui mekanisme Penandatanganan Pengalihan/Transfer BMN Museum Geopark Batur.

Dulunya, museum ini dikenal dengan nama Museum Gunungapi Batur . Museum Gunung Api Batur kemudian dikembangkan menjadi Museum Geopark Batur yang dibangun atas hasil kerjasama antara Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen ESDM dengan Bappeda Kabupaten Bangli. Peresmian dilakukan tannggal 10 Mei 2017 oleh Menteri ESDM.

Museum Geopark Batur terletak di JL. Raya Penelokan, Kintamani, Bangli, Bali, merupakan museum yang menyajikan informasi geopark nasional dan geopark global. Melalui pemindahan pengelolaan ke BPSDM ESDM, diharapkan akan lebih maksimal karena dijadikan salah satu Badan Layanan Umum (BLU). Pengembangan BPSDM ESDM menjadi BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Museum Geopark Batur yang memiliki nilai keilmuan tinggi di bidang kebumian diharapkan bisa turut serta dalam pengembangan BLU BPSDM ESDM. (rwp)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center