Sertifikasi Pengawas Operasional Sebagai Upaya PPSDM Geominerba

Bandung - Kepala Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM, Ade Hidayat membuka Dua Diklat Pengawas Operasional sekaligus, yaitu Diklat dan Uji Kompetensi Pengawas Operasional Madya (POM) dan Diklat dan Uji Kompetensi Pengawas Operasional Utama (POU) pada Pertambangan, pagi tadi (8/7/2019), di Gedung Diklat PPSDM Geominerba.

Diklat Pemenuhan dan Sertifikasi Pengawas Operasional ini salah satu upaya dari PPSDM Geominerba sebagai training provider pemerintah, untuk membantu perusahaan pemegang IUP mempersiapkan para praktisi pertambangan pada tingkatan manajemen puncak agar mempunyai pengetahuan teknis sesuai yang dipersyaratkan dalam peraturan dalam jabatan Kepala Teknik Tambang atau Jabatan pengawas dalam tingkatan manajemen operasional.

"Banyaknya lembaga diklat swasta diluar sana yang mengabaikan regulasi-regulasi yang telah ditentukan, membuat PPSDM Geominerba sebagai lembaga diklat pemerintah untuk terus memberikan pelayanan dengan kualitas yang sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan." Ujar Ade Hidayat saat memberikan sambutan.

Diklat POM ini diikuti oleh 28 orang peserta, dan Diklat POU diikuti oleh 7 orang peserta yang berasal dari perusahaan-perusahaan tambang. Diklat POM dan POU ini akan berlangsung selama enam hari (8-13 Juli 2019), dengan pembekalan materi selama empat hari (8-11 Juli 2019) dan uji kompetensi tulis dan lisan selama dua hari (12-13 Juli 2019).

"Kami berharap dan mendorong agar peserta diklat untuk bersungguh-sungguh mempelajari apa yang disampaikan oleh para Pengajar, karena dengan ilmu dan ko mpetensi yang diperoleh, tidak hanya menjaga operasionalisasi kegiatan pertambangan agar selalu aman, sehat, dan ramah lingkungan, tetapi juga menjadi dasar pengembangan karir Saudara dalam menggapai level manajerial yang lebih tinggi." Sambutnya menambahkan. (IR)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center