Soft Skill, Life Skill Ala Lukman Djamaludin

CEPU - Lukman Djamaludin adalah General Manager Divisi Pembangkit PT. Barata Indonesia yang pada hari Sabtu (22/09) kmaren hadir di Grha Oktana PEM Akamigas untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa PEM Akamigas tingkat 3 dan 4 serta alumni. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dengan materi yang disampaikan adalah "Sukses Kuliah, Karir dan Kehidupan (Soft Skill, Life Skill).

Dibuka oleh Wakil Direktur I, Rachman Setiawan yang menyampaikan bahwa untuk saat ini yang tidak kalah penting adalah soft skill. Untuk mendapatkan pekerjaan diperlukan IP yang tinggi, tapi untuk sukses di karir diperlukan soft skill. Itu yang tidak kita dapatkan di bangku sekolah. Kita sangat beruntung bahwa hari kita mendapatkan sharing knowledge dan pengalaman dari Lukman Djamaludin, General Manager Divisi Pembangkit PT. Barata Indonesia.

Rachman juga menambahkan bahwa setelah sesi kuliah umum, PT. Barata Indonesia menawarkan kesempatan magang terutama bagi alumni PEM Akamigas.

Berbagai kisah inspiratif disampaikan oleh Lukman untuk memotivasi mahasiswa agar juga tidak selalu berpikir secara tekstual saja. Mengembangkan pola pikir mahasiswa untuk berpikir tentang soft skill juga sangat penting. Seperti kisah seorang penjual balon dan anak kecil. Penjual balon meniup balon merah dan balon tersebut terbang. Penjual balon meniup balon kuning, dan balon tersebut juga terbang. Demikian berulang kali dengan bermacam warna balon. Si anak kecil memperhatikan hingga akhirnya bertanya, Kenapa balon tersebut terbang semuanya? Apakah harus berwarna untuk bisa terbang? Penjual balon menjelaskan bahwa untuk bisa terbang, balon itu harus diisi dengan gas. Kalo ditiup biasa juga tidak akan terbang.

Intisari dari kisah tersebut adalah bahwa tidak peduli kita anak jenderal, anak pejabat tinggi, kalo kepala kita tidak diisi dengan hal bermanfaat, ya percuma. Kita asah selalu otak kita, kita kembangkan pola pikir kita. Itulah soft skill yang akan mendukung kita untuk sukses kuliah, karir dan kehidupan.

Setelah kuliah umum masih dilanjutkan dengan workhshop dengan narasumber Rama Hidayat, Managing Director PT. Mitra Diruma Indonesia dan PT. Mitra Teknologi Indonesia dengan mengangkat tema "Distributed Control System".

Workshop ini karena menyesuaikan dengan tema, maka pesertanya hanyalah mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Kilang dan Teknik Instrumentasi Kilang Tingkat 3 dan 4. (drm)


Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center